AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Investigasi Asal Usul Sampah Kain di Pantai Cibutun, Bupati Sukabumi Susur Sungai

Sukabuminow.com || Forkompimda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melakukan penyusuran Sungai Cimandiri akibat persoalan sampah yang menumpuk di Pantai Cibutun dan Talanca, Kecamatan Simpenan, Sabtu (7/10/23).

Penyusuran menggunakan perahu karet itu dilakukan untuk mengetahui asal muasal sampah yang menggunung di pantai tersebut. Yang membuat penasaran adalah banyaknya sampah limbah kain yang sudah dipotong dan dicacah.

“Kami ingin mengetahui kondisi dari muara Sungai Cimandiri ini. Karena ada di beberapa sungai di Kabupaten Sukabumi muaranya hampir 75 persen ada di sini,” tutur Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Selain Marwan, unsur Forkopimda lainnya terdiri dari Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo dan Kapolres Sukabumi, AKBP Maruly Pardede. Di sela kegiatan, rombongan sesekali berhenti menancapkan spanduk larangan membuang sampah ke sungai di beberapa titik yang terdapat tumpukan sampah rumah tangga.

“Kalau dilihat secara hamparan yang kita lihat semua clear. Tidak ada persoalan-persoalan seperti yang viral sampah yang terjadi di Cibutun dengan tumpukan sampah garmen atau sampah bekas kain itu. Jadi di sini hanya terlihat sampah warga yang sifatnya isedentil atau masif,” jelasnya.

Marwan menegaskan, hasil susur sungai Cimandiri dapat dikatakan bersih. Tidak ditemukan sampah kain seperti yang ditemukan di Pantai Cibutun dan Talanca. Pihaknya menemukan sampah plastik dan rumah tangga mendominasi.

“Sampah garmen itu kita tidak dapati sama sekali yang nyangkut ataupun yang terindikasi buangan. Langkah selanjutnya kita mengonsolidasikan seluruh stakhoelder untuk sama-sama mencermati karena luasan kita panjang pantai 117 kilometer. Teluk Palabuhahratu itu lebarnya itu perjalanan kapal saja 1,5 jam dari Ujunggenteng sampai ke ujung Cisolok,” ungkapnya.

“Kita memerlukan peran seluruh unsur masyarakat termasuk nelayan agar ikut mencermati situasi kondisi terutama di laut. Jika ada indikasi yang membuang sampah sembarangan segera melapor ke kami,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button