Kabupaten SukabumiSosial

Asik, Jalani Usia Senja yang Suram

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Asik (80 th), kakek asal Kampung Kebon Kopi, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, tinggal sebatang kara di sebuah gubuk sempit berukuran sekitar 2 meter persegi.

Dari pantauan, terlihat gubuk yang dihuninya berdindingkan bilik bambu, serta langit-langitnya pun sudah rusak bolong. Ia tinggal seorang diri dengan kondisi penglihatan sudah tidak berfungsi, karena mengalami katarak.

Dirinya mengaku, penyakit katarak yang dialaminya sudah hampir 7 tahun. Namun, Asik tidak menjelaskan kenapa dirinya bisa mengalami katarak.

“Lupa lagi gak inget. Penyakit kataraknya sudah 7 tahun,” ujarnya sambil bercucuran air mata.

Lanjut dirinya mengaku, selama ini ia tinggal di gubuk kecil diatas tanah anaknya. Ia tidak tinggal bersama anaknya karena kondisi rumah anaknya pun sempit. Mengenai kataraknya, dulu pernah berobat, namun karena faktor ekonomi, kini ia hanya mampu membeli obat dari warung apabila terasa sakit.

“Harapan saya bisa operasi supaya normal kembali. Selama ini belum pernah dapat bantuan dari pemerintah. Kalau yang foto-foto mah pernah ada. Dulu sebelum katarak saya kerja kuli di sawah,” terangnya.

“Saat ini untuk makan alhamdulillah ada dari tetangga yang kasian ke saya,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close