AdvertorialKabupaten Sukabumi

Sambangi Dewan, Penambang Sukabumi Lakukan Audiensi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi menerima puluhan perwakilan para penambang yang tergabung dalam Koperasi Tambang Rakyat Sukabumi (KTRS). Rabu (15/1/20).

Dewan Penasehat KTRS, Dodi Zaenal, mengatakan, kedatangannya itu bertujuan silaturahmi dan konsultasi terkait perizinan agar segera dilaksanakan.

“Kami bersilaturahmi dengan dewan, sekaligus konsultasi terkait perizinan pertambangan di Kabupaten Sukabumi,” terang Dodi kepada Sukabuminow.com.

Baca Juga :

Menurutnya, KTRS telah mengajukan perizinan untuk Wilayah Tambang Rakyat (WTR) saat rapat di Bandung. Dan saat ini, hanya tinggal menunggu keputusan terkait WTR tersebut dari gubernur dan Dinas Pertambangan Provinsi Jawa Barat.

“Kami butuh kepastian. Sebab kalau itu terlalu lama, bagaimana nasib kami?. Harapan kami dari pertemuan dengan anggota dewan hari ini, agar wakil kami di parlemen ini bisa cepat menyampaikan kepada bupati dan gubernur. Sehingga rakyat bisa bekerja kembali untuk memenuhi kebutuhannya,” ujarnya.

Ditempat sama, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman, pihaknya menerima kedatangan para penambang tersebut. Meski tanpa surat pemberitahuan sebelumnya.

“Mereka membahas terkait izin pertambangan. Katanya perizinannya lagi proses untuk ke provinsi. Tapi kita juga belum melihat bentuk proposalnya seperti apa,” bebernya.

Paoji menambahkan, seluruh kebijakan terkait pertambangan yang notabene termasuk dalam galian tipe C, terdapat di Pemprov Jabar. Terlebih, lahan yang digunakan juga berada di tempat milik Perkebunan.

“Masyarakat harus bersabar dulu, kita juga tidak gegabah. Tapi, apa yang disampaikan kita tampung, karena harus melalui prosedur. Apalagi ini harus keputusan menteri. Sebab tanahnya juga bukan milik pribadi melainkan milik perkebunan,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close