AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisata

Ke Cidolog, Marwan Hamami Terpesona Curug Caweni

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami bersama Kepala Dinas Pariwisata, Usman Jaelani dan dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah, tampak terpesona melihat pemandangan indah dan eksotik Curug Caweni di Kecamatan Cidolog, Selasa (25/2/20).

Curug Caweni terletak di Kampung Cilutung, Desa Cidolog, sekitar 70 kilometer dari Kota Sukabumi. Memiliki ketinggian 20 meter, ciri khas Curug Caweni adalah terdapat batu yang menyerupai wajah manusia yang sedang menangis tepat di tengah-tengah air terjun tersebut. Batu itu seperti fosil setinggi 7 meter dan terlihat sedang merunduk. Konon katanya, batu tersebut adalah Arca Caweni.

BUPATI Sukabumi, Marwan Hamami berpose di area Curug Caweni. Foto : Ist

Selain mempesona, Curug Caweni diselimuti mitos tentang asal mula terbentuknya. Dahulu ada seorang puteri cantik di Cidolog yang konon telah menikah 99 kali. Namun, 98 pria yang menikahi sang putri meninggal dunia. Hingga nasib membawa sang puteri bertemu dengan Pangeran Prabu Boros Kaso.

Goa eksotik. Terdapat di area. Sekitar Curug Caweni. Foto : Sukabuminow

Puteri itu bernama Caweni atau Cawene, yang dalam bahasa Sunda berarti ‘randa bengsrat’ atau janda yang masih suci karena berpisah sebelum melakukan hubungan intim dengan suaminya.

Pengunjung. Asik bermain. Di dalam salah satu Goa. Di sekitar Curug Caweni. Foto : Sukabuminow

“Mitos yang berkemudi masyarakat menambah daya tarik Curug Caweni ini. Potensi sumber daya alam yang melimpah di Kecamatan Cidolog harus digali. Apalagi destinasi wisata ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” tutur Marwan dalam Saba Desa Pariwisata di Alun-alun Kecamatan Cidolog, Selasa (25/2/20).

“Sumber daya alam di Cidolog harus jadi pengungkit perekonomian masyarakat, karena dari sektor pariwisata banyak kegiatan ekonomi yang berkembang. Obyek wisata baru merupakan langkah strategis membuka peluang ekonomi masyarakat. Saba Desa Pariwisata ini hadir, untuk mendorong potensi wisata baru di semua wilayah Kabupaten Sukabumi,” sambungnya.

Editor : Mulya H || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close