AdvertorialBisnisKabupaten SukabumiPemerintahan

DPESDM Kabupaten Sukabumi Dorong Bantuan Pemerintah untuk Pelaku IKM

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi semakin memperlihatkan kepeduliannya terhadap para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM). Terbukti, telah banyak IKM yang diberikan bantuan dan fasilitas usaha dari Pemkab Sukabumi melalui Dinas Perindustrian Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi.

Kendati begitu, masih banyak IKM yang belum mendapatkan bantuan dan berharap mendapatkan fasilitas untuk kemajuan usahanya. Menanggapi hal itu, Kepala Bidang ESDM dan Fasilitasi pada DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana, membeberkan cara agar para pelaku IKM mendapatkan bantuan yang diharapkan.

“Caranya sangat gampang,” tutur Yana kepada Sukabuminow.com saat ditemui di kantornya, Rabu (26/2/20).

Yana menyebut, cara yang dibutuhkan agar para IKM mendapatkan bantuan sangat sederhana. Yakni IKM terdaftar di data base DPESDM; Usulan atas nama kelompok berbadan hukum lebih diutamakan; Pasca pemberian bantuan, IKM wajib melaporkan omzet setiap tiga bulan sekali;

“Gampang kan?. Sekarang kita bedah satu persatu,” ujarnya.

Masih kata Yana, IKM harus terdaftar di data base DPESDM Kabupaten Sukabumi. Dengan cara mengisi formulir melalui google form yang di share melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Sehingga tidak perlu datang ke kantor DPESDM. Sementara untuk usulan yang dapat diakomodir oleh Dinas Perindustrian dan ESDM adalah dari mulai pelatihan fasilitasi perizinan, bantuan kemasan, sertifikasi halal, analisis kandungan gizi, sertifikasi kompetensi, fasilitasi SNI, bantuan alat dan mesin, bantuan bangunan produksi, serta sertifikasi HAKI.

Ia menegaskan, Bidang ESDM dan Fasilitasi DPESDM Kabupaten Sukabumi berperan membantu mengkoordinasikan dengan Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat untuk memfasilitasi perizinan yang luasannya dibawah 5 hektare melalui crash programnya Propinsi Jawa Barat. Selain itu, pihaknya juga membantu mengkoordinasikan kebutuhan sumur artesis melalui kerjasama dengan Badan Geologi Kementerian ESDM.

“Banyak bantuan berupa fasilitasi yang diberikan kepada para IKM sejauh ini. Malah berdasarkan capaian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi menempati peringkat ketiga setelah pertanian dan perindustrian. Hanya saja capaian PDRB perindustrian belum maksimal. Sistem pelaporannya masih lemah,” ujarnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close