Kabupaten SukabumiPemilu 2024

Dugaan Pelanggaran Pemilu oleh Kades di Ciemas, Bawaslu Gandeng Ahli Hukum Pidana

Sukabuminow.com || Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih menangani kasus dugaan pelanggaran Pemilu yang dilakukan Kepala Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, A, yang terjadi pada 31 Desember 2023 lalu.

Koordinator Divisi Hukum Dan Sengketa Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Abdulloh Sarabiti mengatakan, proses penanganan dugaan pelanggaran tersebut diberlakukan perpanjangan. Hal itu sesuai peraturan yang berlaku.

Baca Juga :

“Karena proses penanganan pelanggaran itu satu pekan, dan jika memerlukan keterangan tambahan itu bisa diperpanjang hingga 14 hari,” tuturnya usai menghadiri pelantikan PTPS Kecamatan Palabuhanratu di Gedung Fridnanda, Senin (22/1/24).

Bawaslu Kabupaten Sukabumi, katanya, masih akan meminta keterangan ahli pidana terkait tindakan A menguntungkan atau merugikan. Berdasarkan pengakuannya, A datang ke acara salah satu caleg di Puncak Darma atas inisiatif sendiri dan melakukan pidato untuk mengajak masyarakat menjaga kondusivitas wilayah.

“Itu nanti kita melakukan pembahasan bersama dengan Gakumdu. Karena penanganan pelanggaran itu bukan hanya Bawaslu, ada kepolisian juga kejaksaan,” jelasnya.

Setelah kasus diregistrasi, lanjutnya, pihaknya melakukan klarifikasi dan memberi surat tugas kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi untuk melakukan pendampingan kepada Bawaslu, dan surat tugas kepada kepolisian untuk melakukan penyelidikan.

“Besok (23/1/24), kita mulai dengan saksi ahli pidana. Kasus ini berdasarkan temuan Panwascam Ciemas yang dilaporkan ke kami,” pungkasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button