AdvertorialKabupaten SukabumiPendidikan

Cegah Penyebaran Corona, Disdik Instruksikan Sekolah Tunda Study Tour

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, M Solihin, mengimbau sekolah di Kabupaten Sukabumi melakukan study tour dalam waktu dekat. Hal itu sesuai dengan Instruksi Gubernur Jawa Barat, untuk mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 atau lebih dikenal dengan nama Virus Corona.

“Kami sosialisasikan instruksi pak gubernur terkait itu. Saya mengimbau seluruh elemen pendidikan di Kabupaten Sukabumi untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Termasuk mematuhi Instruksi Gubernur Jawa Barat itu,” tutur Solihin, Jumat (13/3/20).

Ia menerangkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada seluruh SMPN di Kabupaten Sukabumi, Rabu (11/3/20) lalu saat dikumpulkan di SMPN 1 Cikembar.

“Kegiatan-kegiatan di luar sekolah seperti study tour ke luar kota sebaiknya ditunda dulu. Sampai kondisi benar-benar aman,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Instruksi Gubernur Jawa Barat disampaikan langsung dalam Rapat Kerja Kepala Dinas Pendidikan kota dan kabupaten se-Jawa Barat, Senin (9/3/20) lalu.

Adapun instruksinya, antara lain Setiap sekolah menggalakkan pembiasaan cuci tangan dan Prilaku Hidup Bersih Sehat; Setiap sekolah menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya masing-masing; Setiap sekolah turut serta dan aktif menyosialisasikan pencegahan bahaya Virus Corona kepada siswa dan kepada orang tua siswa; Setiap sekolah dilarang mengadakan rekreasi atau study tour ke luar provinsi tselama 2 hingga 3 bulan ke depan. Apabila sudah membooking agar membuat jadwal ulang; Menjaga pola makan yang sehat dan higienis; Bagi yang beragama Islam, untuk memperbanyak istighfar. Melakukan doa qunut nadzilah pada rakaat terakhir (disarankan setelah salat ashar dan isya), menjaga wudhu, bersodaqoh, infak amal jariyah;

Selanjutnya, Bagi non muslim, harap ikut serta berdoa sesuai keyakinannya masing-masing; Setiap sekolah agar memantau terus para pelajarnya. Bila ada gejala agar menghubungi rumah sakit terdekat, serta bila terindikasi penyakit, maka yang bersangkutan diliburkan; dan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close