Kabupaten SukabumiPeristiwa

Tempat Pengasinan Dilanda Kebakaran, Api Lahap Ilalang Kering

Sukabumimow.com || Kebakaran melanda lahan kering di Kampung Gunung Sumping, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (5/9/23). Peristiwa itu mengakibatkan sejumlah bangunan penyimpanan ikan asin ludes terbakar.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Sukabuminow.com, api muncul sekitar pukul 01.00 siang. Api diduga berasal dari area lahan kering di sebelah selatan lahan yang tempat menjemur ikan atau pengasinan tersebut.

“Api muncul dari lahan kering area Taman Bunga (Tenjoresmi). Api cepat membesar karena lahan kering,” ujar Risman (35 (th), pemilik pengasinan.

Ia menjelaskan, sedikitnya dua bangunan penyimpanan ikan asin ludes dilalap api. Lahan kering ditambah dengan angin khas musim kemarau, membuat api semakin mudah membesar dan merembet ilalang di sekitar area tersebut.

“Anyaman bambu tempat menjemur ikan juga ludes,” ujarnya.

Sementara itu Danpos Damkar I Palabuhanaratu, Aceng Ismail mengatakan, peristiwa itu terjadi di kampung Gunung Sumping, RT 01/16, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. Api mudah merembet karena area tersebut dipenuhi ilalang kering.

“Kami menurunkan dua unit mobil pemadaman dan satu unit penyelamatan. 15 personel kami terjunkan. Yang terbakar ini ilalang, tempat pengasinan, dan tempat jemuran ikan asin, juga bangunan paling ujung sana ada tiga bangunan yang terbakar,” jelasnya.

Aceng menerangkan, api diduga berasal dari sekitar Taman Tenjoresmi. Diduga ada seseorang yang tengah membakar sampah. Api tertiup angin hingga menyambar hamparan ilalang kering.

“Api sempat mengancam tower sutet, tapi bisa dikendalikan. Tidak ada korban jiwa. Kami masih melakukan penysiran supaya api tidak menyambar lagi,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button