Kabupaten Sukabumi

Puluhan Wartawan Ikuti Uji Kompetensi PWI Jabar

Sukabuminow.com || Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari, 21 dan 22 Agustus 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sukabuminow.com, total 59 orang wartawan dari sejumlah daerah mengikuti UKW yang terdiri dari tiga angkatan, yakni angkatan 66, 67, dan 68 tersebut. UKW tersebut digelar untuk tiga tingkatan, yakni muda, madya, dan utama.

“Melihat besarnya tugas wartawan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme sangat perlu. Sehingga SDM wartawan benar-benar unggul,” tutur Asisten Daerah (Asda) Administrasi Umum Setda Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana, didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha, saat menghadiri Roadshow UKW, Senin (21/8/23).

Mantan Plt Kepala Dinas Kesehatan itu berharap, wartawan berperan dan menjadi garda terdepan dalam memerangi pemberitaan bohong atau hoaks.

“Selamat mengikuti ujian, semoga mendapatkan hasil terbaik,” ucapnya.

Di tempat sama Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, UKW merupakan cara organisasinya membuat wartawan lebih kompeten. Hal itu juga merupakan cara untuk memerangi hoaks di era modern ini.

“Kita melawan hoaks dengan membuat wartawan kompeten,” singkatnya.

Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Sukabumi, Asep Solihin menambahkan, kompetensi wartawan merupakan salah satu yang diwajibkan oleh Dewan Pers.

“Saya berterima kasih kepada PWI Jabar yang menyelenggarakan UKW secara maraton. Perlu kami sampaikan, bahwa UKW juga merupakan salah satu program prioritas PWI Kabupaten Sukabumi,” pungkas Avhes -sapaan Asep-. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button