Kabupaten Sukabumi

FPP Raya Soroti Penunjukan Kontraktor Penataan Alun Alun Gadobangkong Palabuhanratu

Sukabuminow.com || Penataan Alun Alun Gadobangkong di Kota Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tampaknya akan segera dilakukan. Saat ini, calon kontraktor pekerjaan tersebut telah ditetapkan oleh Dinas Perumahan Dan Permukiman (Perkim) Jawa Barat.

Berdasarkan data yang dinukil dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Jawa Barat, kontraktor untuk Penataan Alun Alun Gadobangkong Palabuhanratu yakni PT. Lingkar Persada, dengan nilai pekerjaan mencapai 15.679.765.800 rupiah. Namun proses penunjukan kontraktor tersebut dirasa janggal oleh Forum Pemuda Palabuhanratu (FPP) Raya.

“Kami mengapresiasi pemerintah khususnya Pemkab Sukabumi dan Pemprov Jawa Barat yang telah mengprogramkan Penataan Alun Alun Gadobangkong ini. Tapi kami menduga ada kongkalikong antara panitia dengan peserta. Karena pada tender ke-2, dalam hasil kualifikasi itu dinyatakan gagal. Tapi kok tiba-tiba ada pemenangnya,” tutur Ketua FPP Raya, Friady Mahyuzar Lubis dengan nada heran, Selasa (22/8/23).

Ia mengatakan, terdapat sembilan perusahaan peserta lelang yang melakukan penawaran. Dari jumlah itu, lima perusahaan di antaranya melakukan penawaran dengan nilai yang sama, yaitu 13.937.561.500 rupiah.

“Proses tender sembilan perusahaan itu gagal. Artinya tidak ada pemenangnya. Tapi justru anehnya di situ, gagal tapi malah muncul pemenangnya,” ujar Onay -sapaan Friady-.

Onay menjelaskan, proses penunjukan kontraktor untuk Penataan Alun Alun Gadobangkong tidak muncul dalam kolom tender LPSE. Namun ternyata hal itu muncul di kolom non tender atau untuk penunjukan langsung dengan pemenang PT. Lingkar Persada.

“PT. Lingkar Persada sebelumnya gagal di kualifikasi tender tapi bisa menang non tender. Ya tadi itu, kami menduga ini ada kongkalikong antara panitia dengan peserta, sehingga pada non tender dimenangkan oleh PT. Lingkar Persada. Penawarannya juga menjadi berbeda, yaitu 15.679.765.800,” pungkasnya. (Denden)

Editor : Mulya H

Berita Terkait

Back to top button