Kabupaten Sukabumi

Potensi Gelombang Tinggi Perairan Selatan Jawa, Ini Kata BMKG

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi gelombang laut tinggi akan terjadi di pesisir Pantai Selatan Jawa Barat dalam sepekan ke depan.

“Saat ini memang gelombang laut di perairan selatan Jawa Barat sedang tinggi 5 sampai 6 meter. Diperkirakan terjadi hingga satu minggu ke depan,” terang Andy Rachmadhan, Staf Observatori BMKG Wilayah Palabuhanratu, Senin (2/8/21).

Dijelaskan Andy, fenomena itu disebabkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur – Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 hingga 25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Selat Sunda, Perairan Banten hingga selatan Jawa Timur, dan Laut Arafuru,” jelasnya.

Dalam sepekan ke depan, tinggi gelombang memiliki variasi antara 4 meter 5 meter.

“Kondisi ini berisiko tinggi bagi keselamatan pelayaran dan aktivitas warga di pesisir pantai. Kami imbau untuk waspada dan hati-hati,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close