AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Prospek Cerah Sukabumi Mandiri Benih

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Akhir tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pertanian telah memfasilitasi para penangkar benih dengan perusahaan yang akan menyiapkan kebutuhan benih padi di Kabupaten Sukabumi. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Sukabumi Mandiri Benih di masa mendatang.

Saat itu, Asosiasi Penangkar Benih Tanaman Pangan Kabupaten Sukabumi (AKARENTAN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Samudera Surplus selaku pihak ketiga dalam upaya menyediakan benih padi untuk mencukupi kebutuhan benih di Kabupaten Sukabumi secara konsisten.

“Saat ini masih berjalan. Kerja sama tahun 2020 kemarin untuk menyiapkan 100 ton benih dan tahun ini pada bulan Oktober nanti, rencana akan kembali dikerja samakan untuk penyediaan 150 ton benih padi,” terang Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dosen A Karmana di ruangannya, Senin (2/8/21).

Ia menjelaskan, kebutuhan benih padi untuk tahun 2021 di Kabupaten Sukabumi mencapai 3.700 ton. Dari kebutuhan itu, sebagian di antaranya telah tercukupi oleh hasil kerja sama AKARENTAN dan PT Samudera Surplus tersebut.

“Relatif terpenuhi, baik dari bantuan maupun non bantuan. Memang masih belum mandiri 100 persen, karena masih ada sebagian benih yang berasal dari penangkaran luar Sukabumi. Tapi upayanya masih berlanjut dan mulai membuahkan hasil,” jelasnya.

“Semoga apa yang kita upayakan terus membuahkan hasil. Sehingga Kabupaten Sukabumi Mandiri Benih bisa tercapai,” harapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail : Redaksi sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close