AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisata

Pengembangan CPUGG Segera Dilanjutkan

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali menegaskan komitmennya mengembangkan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Terlebih, keberlangsungan pengembangannya sangat ditunggu oleh UNESCO.

Ketua Badan Pengelola CPUGG, Iyos Somantri, mengatakan, langkah pengembangan CPUGG membutuhkan kerja sama lintas sektoral dan melibatkan seluruh stakeholder.

“UNESCO memberikan 13 rekomendasi yang harus segera kami jawab. Apalagi, sekarang lembaga pengelola sudah terbentuk,” tutur Iyos, usai Rapat Koordinasi Revalidasi Perencanaan Pembangunan CPUGG 2021 di Aula BPR Sukabumi, Jumat (20/3/20).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi itu menegaskan, 13 rekomendasi yang diberikan UNESCO terhadap CPUGG, harus dapat dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Sehingga Geopark Ciletuh-Palabuhanratu tetap diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.

“Kerja sama pengelolaan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, mulai promosi hingga pemenuhan fasilitas pendukung harus terus diupgrade. Sehingga semakin dikenal dunia dan menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara,” tandasnya.

Adapun 13 rekomendasi yang diberikan UNESCO terhadap CPUGG, antara lain : Pengaplikasian Master Plan Yang Sudah Dibuat; Legalisasi kemitraan; Aksesibilitas dan Infrastruktur; Meningkatkan Program Edukasi ke Sekolah serta Edukasi Tentang Mitigasi Bencana; Pengembangan Modul Pelatihan Untuk SDM Lokal; Riset Khusus Tentang Hayati dan Hubungannya Dengan Geologi serta Budaya; Inventarisasi Warisan Non Benda/Tak Berwujud;

Selanjutnya, Pembuatan Materi Interprestasi Geosite Yang Mudah Dipahami; Strategi Kemitraan; Pengembangan 3A di Semua Geosite Dengan kualitas yang Sama; Implementasi Networking Level Internasional; Tidak Ada Istilah Geoarea; dan Memperkuat Networking dengan Unesco Global Geopark lainnya, Baik di Tingkat Lokal, Nasional, Maupun Internasional;

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close