Kabupaten SukabumiPariwisata

Pedagang di Geyser Cisolok Direlokasi

Sukabuminow.com || Ratusan pedagang di kawasan wisata Geyser Cisolok Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) direlokasi ke tempat asal mereka berjualan. Lokasi yang dimaksud tidak jauh dari lokasi semula dan berada di atas area parkir.

Camat Cisolok, Jenal Abidin mengatakan, sebelum relokasi, pihaknya telah lebih dulu melakukan rapat koordinasi dengan para pedagang. Pertemuan disaksikan unsur Forkopimcam Cisolok dan Pemerintah Desa Wangunsari, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi.

“Hari Minggu kita gelar pertemuan dengan pedagang Gesyer Cisolok, jumlahnya 112 pedagang. Ada yang harian, mingguan, hingga musiman. Mita sosialisasikan sejak sembilan bulan lalu. Baru sekarang program ini direalisasikan,” ungkapnya, Senin (3/6/24).

Ia menjelaskan, pendekatan kepada para pedagang dan seluruh stakeholder yang lain berbuah manis. Hingga pada 1 Juni 2024 kemairn para pedagang sepakat ingin segera direlokasi. Mereka diberi kesempatan untuk memilih ruang dengan catatan tertib tanpa ada permasalahan di akhir nanti.

“Dari 112 itu semuanya diberi kesempatan untuk memilih nomor, memilih kapling, memilih ruang secara acak sebagai tujuan di lokasi baru mereka berdagang. Dan Allhamdulilah hari Senin 3 Juni 2024 sesuai dengan komitmen kesepakatan para pedagang ini memindahkan, konstruksi bangunannya dan dagangannya ke tempat yang baru,” jelasnya.

Untuk memudahkan para pedagang dalam proses pindahan, Forkopimcam Cisolok menyiapkan armada dan tenaga untuk mengangkut barang-barang dagangan agar tidak memberatkan para pedagang.

“Kita siapkan tenaga untuk mengangkut barang ke kendaraan untuk di angkut ke lokasi baru . Di tempat baru juga sudah kita siapkan jaringan listrik dan jaringan air untuk kebutuhan mereka. Itu juga nantinya bertahap,” jelasnya.

“Ini juga dalam rangka menyambut Helathy City Summit 2024. Kemudian juga dalam rangka meningkatkan layanan untuk menciptakan sapta pesona pariwisata. Dan ini sangat dipahami oleh para pedagang,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button