AdvertorialDPRD Kabupaten Sukabumi

Musim Haji Berlangsung, Ini Pesan Sodikin

Sukabuminow.com || Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sukabumi, Muhammad Sodikin, meminta jamaah calon haji asal Kabupaten Sukabumi untuk menjaga diri terutama dari sisi kesehatan. Dirinya memiliki sejumlah tips yang dapat diaplikasikan para jamaah.

Persiapan Sebelum Berangkat

  1. Pelajari Tata Cara Haji

Pastikanmemahami seluruh rukun dan sunnah haji. Mengikuti manasik haji atau pelatihan haji yang biasanya diselenggarakan oleh pemerintah atau agen perjalanan haji dapat sangat membantu.

  1. Kondisi Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan pastikan dalam kondisi fisik yang baik. Vaksinasi tertentu mungkin diperlukan, seperti vaksin meningitis.

  1. Perlengkapan yang Dibutuhkan

Bawa barang-barang yang diperlukan seperti pakaian ihram, sandal yang nyaman, alat ibadah (Al-Qur’an, buku doa), dan obat-obatan pribadi. Jangan lupa untuk membawa dokumen penting seperti paspor, visa, dan tiket.

  1. Pahami Cuaca

Arab Saudi memiliki iklim yang sangat panas, terutama selama musim haji. Bawa perlengkapan untuk melindungi diri dari panas seperti topi, kacamata hitam, dan krim tabir surya.

Selama di Tanah Suci

  1. Ikuti Jadwal Ibadah

Ikuti jadwal ibadah yang telah ditentukan, seperti wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan lempar jumrah di Mina. Jadwal ini penting untuk memastikan semua rukun haji terpenuhi.

  1. Jaga Kondisi Fisik

Tetap terhidrasi dengan minum banyak air dan istirahat yang cukup. Cuaca yang ekstrem dan kepadatan jamaah dapat menyebabkan kelelahan.

  1. Tetap Tenang dan Sabar

Dengan banyaknya jamaah, situasi bisa menjadi sangat padat dan menantang. Bersikap tenang dan sabar sangat penting untuk menjaga suasana hati dan konsentrasi dalam beribadah.

  1. Jaga Kebersihan

Kebersihan diri dan lingkungan sangat penting. Gunakan fasilitas kebersihan yang disediakan dan selalu menjaga kebersihan pribadi.

  1. Mengatur Keuangan

Bawa uang tunai secukupnya dan simpan dengan aman. Pahami kurs mata uang dan harga barang-barang di Arab Saudi untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Setelah Berhaji

  1. Berbagi Pengalaman

Setelah kembali, berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang haji dengan keluarga dan teman dapat menjadi inspirasi bagi mereka.

  1. Lanjutkan Amalan Baik

Pertahankan dan tingkatkan amalan baik yang sudah dilakukan selama haji, seperti memperbanyak salat sunnah, membaca Al-Qur’an, dan sedekah.

  1. Refleksi Diri

Gunakan pengalaman haji sebagai momen refleksi diri dan perbaikan. Evaluasi ibadah dan perilaku untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Dengan persiapan yang baik dan sikap yang tepat, para jamaah dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan mendapatkan haji yang mabrur. Aamiin,” tandas Sodikin. (Denden)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button