Nasional

Kunjungi Kabupaten Sukabumi, Menteri KP Puji Potensi Perikanan Palabuhanratu

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Menteri Kelautan Dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, dibuat terkesan oleh potensi yang dimiliki Ibukota Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, saat berkunjung, Kamis (18/6/20).

Ia mengatakan, diperlukan penunjang aktivitas kelautan dan perikanan di Palabuhanratu agar potensi yang dimiliki tergali secara maksimal.

“Infrastrukturnya memang butuh perbaikan dan penguatan penguatan termasuk perluasan dermaga. Tadi pak wakil bupati (Adjo Sardjono) sudah minta peningkatan status dari Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu menjadi Pelabuhan Perikanan Samudera,” tutur Politisi Gerindra itu.

Edhy mengaku cukup memahami permintaan peningkatan dermaga tersebut. Mengingat Palabuhanratu dinilai cukup mumpuni untuk dapat mengekspor hasil lautnya ke negara lain. Sehingga tidak perlu menempuh jarak berjam-jam menuju pelabuhan besar di Jakarta.

“Data yang saya terima, ada 10 ribu ton ikan didaratkan di Palabuhanratu setiap tahunnya. Potensi yang sangat luar biasa. Apalagi kalau kapal nelayannya ditingkatkan, pasti akan lebih banyak lagi hasil tangkapannya. Terlebih, Palabuhanratu berbatasan langsung dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), sehingga dibutuhkan kapal yang kuat untuk mencapai 200 mil ke tengah laut,” bebernya.

“Ini akan kita dorong. Kami juga ingin melihat perikanan budidaya baik daratbmaupun tambak udang berkembang di Kabupaten Sukabumi ini,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close