Nasional

Di Palabuhanratu, Menteri KP Bicara Potensi Udang Indonesia

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Salah satu program prioritas Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI adalah memperkuat budidaya udang Indonesia. Hal itu diungkapkan Menteri KP RI, Edhy Prabowo, saat melakukan Kunjungan Kerja ke Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) di Kota Palabuhanratu, Kamis (18/6/20).

“Produksi udang Indonesia belum mencapai satu juta ton. Kami bercita-cita menjadi motor pangsa udang dunia. Potensi kita sangat luas sama seperti India yang menjadi eksportir udang terbesar di dunia,” tutur suksesor Susi Pudjiastuti itu.

Edhy juga menyinggung pandemi Covid-19, yang menurutnya dapat dimanfaatkan. Bukan tanpa alasan, mengingat saat ini India disibukkan dengan lockdown. Sehingga Indonesia berkesempatan mencuri etape ekspor udang.

“Makanya saat pendemi kemarin kami tidak berhenti memproduksi udang. Apalagi banyak kepala daerah yang sangat antusias untuk membuat tambak udang, termasuk di Kabupaten Sukabumi ini. Lahannya harus siap, sehingga saat ada investor sudah siap segalanya,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Edhy, satu hektare tambak dapat mengasilkan paling sedikit 40 ton udang. Ia menyebut, jumlah itu sudah tercapai di Cidaun, Cianjur. Karakter Jawa bagian selatan memiliki laut curam hingga airnya lebih bersih, sehingga cocok dijadikan tempat budidaya udang.

“Harapannya, kedepan kita akan menguasai pasar udang di dunia. Kebutuhan udang dunia ini 13 juta hingga 15 juta ton udang basah per tahun. Sementara Indonesia baru mampu kurang dari 1 juta ton,” ujarnya.

Ia menegaskan, KKP berkomitmen membangun padat karya di sektor tambak udang. Untuk budidaya udang yang efektif, Edhy menjelaskan, tidak perlu tambak berhektar-hektar.

“Dananya ada. Kami akan coba memformulasikan terus. Para gubernur, bupati, dan teman-teman anggota DPR, saya minta dapil-dapil yang punya potensi tambak udang ini bisa kita sentuh,” tegasnya.

“Anggarannya bisa dari APBN, swasta, dana BLU juga bisa. Potensinya banyak. Kami berkomitmen membangun potensi perikanan Indonesia menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close