AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Kucurkan Puluhan Miliar, Pemkab Sukabumi Lanjutkan Pembangunan Gedung Perkantoran

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi kembali melanjutkan pembangunan Gedung Perkantoran di Jalan A Yani, Palabuhanratu. Lanjutan pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Senin (22/6/20).

Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman, mengatakan, lanjutan pembangunan tersebut akan dikerjakan oleh PT Tahta Djaga Internasional selaku pelaksana.

MINIATUR Gedung Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Foto : Sukabuminow

“Pembangunan lanjutan ini ditargetkan selesai pada 24 Desember 2020. Tidak sampai selesai menjadi bangunan, tapi tahap kedua ini hanya sampai pembangunan struktur bangunan saja,” tutur Dedi usai kegiatan.

Nilai proyek dari pembangunan lanjutan tersebut mencapai Rp 48.400.033.000 dari sebelumnya Rp 74 Miliar. Dedi menjelaskan, anggaran terpotong oleh adanya wabah Covid-19.

“Pembangunan akan dilaksanakan selama 210 hari masa kerja atau 7 bulan. Gedung Perkantoran Pemkab Sukabumi ini nantinya dibangun 5 lantai dengan luas per lantai mencapai 90×50 meter,” terangnya.

Lebih jauh, mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi itu menjelaskan, dasar hukum pembangunan Gedung Perkantoran Pemkab Sukabumi adalah Peraturan Pemerintah Nomor 66 tahun 1998 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten ke Palabuhanratu.

“Ibukota itu harus memiliki perkantoran. Ini implementasinya. Dari tahun 1998 baru diimplementasikan tahun 2001. Dan melalui RPJMD 2016-2021, pembangunan ini baru bisa dilakukan,” bebernya.

“Tahun 2018 mulai perencanaan, tahun 2019 mulai pembangunan fisik, seperti cut and field, akses jalan masuk, dan perancangan struktur tiang pancang. Dan tahun ini baru dilakukan pembangunan struktur bangunan untuk 5 lantai,” imbuhnya.

Di tempat sama, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menjelaskan, kegiatan tersebut mendapat pendampingan dari Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi untuk menjamin kualitas bangunan.

“Tahun ini hanya sampai pembangunan struktur bangunan untuk 5 lantai. Siapapun nanti yang akan menjadi bupati berikutnya, wajib menyelesaikan pembangunan ini,” ucapnya.

“Semoga tidak ada kendala. Pembangunan ini akan selesai seutuhnya pada 2021. Sehingga seluruh dinas di Kabupaten Sukabumi akan berkantor di Palabuhanratu,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close