Kabupaten Sukabumi

Komitmen Dekranasda Kabupaten Sukabumi Genjot Promosi UMKM

Sukabuminow.com || Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan, mengapresiasi peran Komunitas Pedagang Oleh-oleh Sukabumi di Kampung Ongkrak, Kecamatan Cibadak, Jawa Barat, saat melakukan kunjungan ke tempat tersebut baru-baru ini.

Istri dari orang nomor satu Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami itu menyebut, peran para pedagang tersebut sangat vital dalam promosi UMKM tersebut.

“Saya lihat di para pedagang ini sangat banyak dijual. Pembelinya juga banyak dari luar daerah. Harus diingat, namanya oleh-oleh Sukabumi, produk yang dijual harus lebih banyak khas Sukabumi ya,” tutur Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi itu, Kamis (20/6/24).

Ia mengatakan, segala jenis produk UMKM dijual di 16 gerai komunitas pedagang oleh-oleh tersebut. Bahkan ubi Cilembu pun terdapat di gerai tersebut. Sempat heran dengan adanya ubi Cilembu, namun ia dikejutkan dengan asal ubi tersebut yang ternyata dari Sukabumi.

“Ternyata bukan dari Sumedang, tapi hasil petani dari Nagrak dan Cidahu. Kalau begitu kenapa tidak dinamakan ubi madu Sukabumi saja? . Biar wisatawan dari luar kota tahu bahwa Sukabumi punya ubi madu yang rasanya bakal bikin ketagihan. Jadi ubi kita bisa bersaing dengan ubi Cilembu yang sudah terkenal. Dan bahkan lebih enak,” katanya.

Ia menegaskan, Dekranasda Kabupaten Sukabumi mendukung segala jenis promosi produk UMKM Kabupaten Sukabumi. Malah pihaknya akan menggandeng DPC Asosiasi Pengusaha Mikro Kecil Menengah Mandiri Indonesia (Apmikimmdo) Sukabumi Raya dan dinas terkait untuk melakukan penataan.

“Para pedagang itu dapat membangkitkan perekonomian masyarakat pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Penataan dan pembenahan perlu dilakukan agar lebih menarik konsumen berbelanja oleh-oleh di sini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana yang mendampingi Yani Marwan mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti segala arahan yang disampaikan.

“Kita akan bantu para pedagang oleh-oleh sampai dengan selesai. Harapan dan mimpi kita sama, membuat produk UMKM Sukabumi dikenal luas melalui promosi yang dilakukan oleh para pedagang oleh-oleh ini,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPC Apmikimmdo Sukabumi Raya, Aam Abdul Salam, mengapresiasi kunjungan Yani Marwan tersebut. Ia menyebut hal itu sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap perkembangan dan kemajuan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“16 gerai oleh-oleh di Kampung Ongkrak itu. Mereka telah diberikan pendampingan berbagai aspek dalam memajukan usahanya, seperti legalitas usaha dalam pembuatan NIB, PIRT, Izin Halal, BPOM, bahkan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” beber Aam.

“Kami bersama PLUT berkomitmen akan konsisten melakukan pembinaan dan pendampingan,” imbuhnya. (Denden)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button