Kabupaten SukabumiPemerintahan

Kecamatan Palabuhanratu Lakukan Monev Realisasi ADD dan DD

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah Republik Indonesia telah mencairkan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahap 1 tahun anggaran 2020 pada bulan April ini. Monitoring dan evaluasi (Monev) dilakukan pihak kecamatan untuk memastikan penggunaan dana tersebut.

Di Kecamatan Palabuhanratu, pihak kecamatan melakukan Monev ke desa-desa di wilayah tersebut. Desa Cimanggu, menjadi desa pertama yang dikunjungi tim kecamatan yang dipimpin Sekretaris Kecamatan, Deni Yudono, Kamis (16/4/20).

SELAIN Monev ADD dan DD Tahap 1, Pemerintah Kecamatan Palabuhanratu juga melakukan Monev capaian PBB dan IMB di Desa Cimanggu. Foto : Ist

“ADD dan DD Tahap 1 telah cair sebesar 40 persen. Sejauh ini, hanya tingga Desa Buniwangi yang belum ada pencairan karena ada keterlambatan jadwal pengesahan APBDes Perubahan,” tutur Deni usai melakukan Monev di Desa Cimanggu.

Mantan Sekmat Waluran itu mengatakan, ADD Tahap 1 digunakan desa untuk pembayaran Penghasilan Tetap (Siltap). Sedangkan DD Tahap 1, digunakan untuk pembangunan fisik dan pemberdayaan.

“DD digunakan untuk padat karya tunai yang menggunakan tenaga kerja lokal. Sehingga perputaran uang tetap terjadi di desa,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemberdayaan, lanjut Deni, difokuskan untuk mendukung Gugus Tugas Penanganan Covid-19 tingkat desa. Direalisasikan dalam bentuk alat pelindung diri (APD) masker, westafel portabel, hand sanitizer, alat pelindung diri, disinfektan, alat semprot, dan lainnya yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

“Kami masih terus berjalan melakukan Monev di desa lainnya di wilayah Kecamatan Palabuhanratu. Sekaligus mengimbau warga agar tetap menaati anjuran pemerintah terkait Covid-19,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close