AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Ini Sanksi Bagi Pemalsu Cukai Rokok

Sukabuminow.com || Sinergitas Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bogor dan Satpol PP Kabupaten Sukabumi dalam memberantas peredaran rokok ilegal terus berlanjut. Kali ini, ratusan unsur masyarakat di Kecamatan Kadudampit dan Nagrak dibekali pengetahuan terkait rokok ilegal.

Di Kecamatan Kadudampit sosialisasi Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKCHT) tersebut digelar dua unsur itu di Bumi Mandiri Sukabumi, Senin (17/7/23). Tak kurang dari 100 orang yang terdiri dari sejumlah unsur masyarakat hadir dalam kegiatan itu.

“Semakin ke sini antusiasme masyarakat terkait pemberantasan rokok ilegal semakin meningkat. Mereka ingin mengetahui lebih jauh apa saja ciri dan indikator yang menandakan rokok itu dengan atau tanpa cukai. Kami pun semakin bersemangat,” ungkap Plt. Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Uang Burhanuddin, melalui Kepala Bidang Penegakan Perda, Yusep Wahyu Kodara, Rabu (19/7/23).

Setelah di Kecamatan Kadudampit, osialisasi Identifikasi Peredaran Rokok Cukai Ilegal kembali digelar di Kecamatan Nagrak, sehari setelahnya atau Selasa (18/7/23). Kegiatan digelar di Spark Waterpark Nagrak.

“Di Nagrak juga antusiasmenya sangat tinggi. Sama seperti di Kadudampit, pesertanya berjumlah 100 orang dari sejumlah unsur masyarakat. Mereka cukup proaktif dan mau bertanya,” bebernya.

Di tempat sama Retno Wulandari, pemateri dari Bea Cukai Bogor menjelaskan, sosialisasi BKHCT atau rokok ilegal tersebut lebih ditekankan kepada ciri-ciri dari barang yang dimaksud. Selain itu, dasar hukum dan sanksi juga disosialisasikan dalam kegiatan tersebut.

“Aturannya jelas ya, bahwa setiap orang yang melanggar ketentuan di Bidang Cukai berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 Junto Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai, dikenakan sanksi pidana satu sampai lima tahun penjara,” beber Retno.

Adapun lima ciri rokok ilegal itu di antaranya polos atau tanpa pita cukai, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai bekas, rokok dengan pita cukai salah personalisasi, dan rokok dengan pita cukai salah peruntukan. (Ceppy ST)

Editor : Mulya H

Berita Terkait

Back to top button