AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatan

Enam Terkonfirmasi Covid-19 Selesai, Pasien Positif Corona Kabupaten Sukabumi Menurun Drastis

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Kabar baik datang dari Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi. Rabu (5/8/20), sebanyak enam pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid, mengatakan, dengan selesainya terkonfirmasi positif pada enam orang tersebut, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sukabumi menjadi berkurang.

“Total ada 73 orang yang terkonfirmasi positifnya selesai,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi tersebut.

Keenam orang tersebut berasal dari tiga kecamatan. Antara lain Kecamatan Sukabumi, Sukalarang, dan Cicantayan. Dengan rincian perempuan berusia 60 tahun dan 36 tahun dari Kecamatan Sukabumi, laki-laki berusia 35 tahun, serta dua perempuan masing-masing berusia 33 tahun dan 39 tahun asal Sukalarang. Dan laki-laki berusia 29 tahun asal Cicantayan.

“Tinggal tiga kasus terkonfirmasi di Kabupaten Sukabumi. Satu orang dikarantina dan dua orang diisolasi,” jelasnya.

Belum lama ini, Kementerian Kesehatan RI telah merubah istilah dalam kasus Covid-19. Orang Tanpa Gejala (OTG) berubah istilah menjadi Kontak Erat, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berubah menjadi Suspek, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berubah menjadi Probable, dan Positif menjadi Terkonfirmasi.

“Yang terkonfirmasi akan dilakukan dua tindakan. Yakni karantina dan isolasi. Karantina adalah proses mengurangi risiko penularan dan
identifikasi dini Covid-19 melalui upaya memisahkan individu
yang sehat atau belum memiliki gejala Covid-19, tetapi memiliki
riwayat kontak dengan pasien konfirmasi Covid-19 atau memiliki
riwayat bepergian ke wilayah yang sudah terjadi transmisi lokal,” beber Harun.

“Sedangkan isolasi adalah proses mengurangi risiko penularan melalui upaya memisahkan individu yang sakit baik yang sudah dikonfirmasi laboratorium atau memiliki gejala Covid-19 dengan masyarakat luas,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close