NasionalPendidikan

Dorongan Status PTNBH Menguat, Kualitas Universitas Trisakti Diyakini Meningkat

Sukabuminow.com || Penasihat Gerakan Nasional Bumikan Trisakti, Dr. Andi Talman, menyebut Universitas Trisakti harus naik ke tingkat yang lebih tinggi dengan menjadikannya Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

Menurutnya, pro kontra menyangkut PTNBH harus diakhiri. Perguruan tinggi ternama yang berpusat di Grogol, Jakarta tersebut sudah sepantasnya berubah menjadi PTNBH.

“Sudah tepat dan sesuai apabila pemerintah mengambil alih dengan menjadikan Universitas Trisakti sebagai PTNBH. Kampus Trisakti didirikan oleh pemerintah dan menggunakan lahan milik pemerintah. Dari hulunya pemerintah maka secara idealnya hingga hilir juga di bawah pemerintah. Termasuk pengelolaan dan penyelenggaraannya,” tutur Andi dalam rilisnya, Minggu (7/7/24).

Sebagai Tokoh Gerakan Nasional Bumikan Trisakti, dirinya akan memberikan dukungan serta bertekad untuk mewujudkan transformasi besar-besaran di Universitas Trisakti. Caranya melalui pendekatan inklusif dan kolaboratif serta mengintegrasikan praktik terbaik dan inovasi dalam setiap aspek kehidupan kampus.

“Melalui status PTNBH, kami tidak hanya akan meningkatkan kualitas pendidikan Universitas Trisakti. Tapi juga memperluas aksesibilitasnya bagi masyarakat luas,” tegasnya.

Keinginan besar PTNBH, kata Andi, juga didasari keprihatinan melihat dinamika dunia pendidikan di Indonesia yang cenderung lebih bangga dengan institusi negara lain.

“Dengan adanya PTNBH dan rekam jejak Universitas Trisakti yang sarat prestasi, institusi ini akan terus menjadi pusat keunggulan akademik, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat. Universitas Trisakti, yang telah lama diakui sebagai salah satu lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia harus siap untuk melangkah ke tahap selanjutnya dalam perjalanan akademisnya,” bebernya.

Andi berharap, para pemimpin kampus Badan Penyelenggara, Rektorat/Struktural dan Civitas Akademika termasuk pemerintah, dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas tinggi sesuai tuntutan zaman ketika Universitas Trisakti menjadi PTNBH

“Universitas Trisakti dapat menjadi ‘kawah candradimuka’ maupun wadah strategis untuk menciptakan SDM hebat untuk bangsa dan negara. Juga menjadi garda terdepan dalam melakukan penguatan terhadap kapasitas politik, ekonomi, dan budaya. Sebagaimana spirit dan konsep Trisakti yang dulu dibuat oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno,” ungkapnya.

“Sebagai kampus reformasi, besar harapan dapat memperkuat jaringan kerja sama dengan pemangku kepentingan eksternal, termasuk pemerintah, industri, dan masyarakat sipil. Guna menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan berorientasi pada hasil. Kampus ini penuh dengan sejarah bangsa. Sudah semestinya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Karena bangsa yang besar tidak boleh melupakan Sejarah,” harapnya.

Universitas Trisaksi sendiri lahir dari pemerintah dan diberi nama oleh Presiden Soekarno. Trisakti memiliki arti Berdaulat Dalam Politik, Berdikari Dalam Ekonomi, dan Berkepribadian Dalam Budaya.

“Konsep Trisakti ini akan diimplementasikan di lingkungan kampus. Tujuannya untuk penguatan kembali spirit Trisakti sebagai landasan fundamental dalam membangun karakter bangsa,” pungkasnya. (Mulya)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button