AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Dukung Jambu Kristal Asal Sukabumi Mendunia

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi menyambut baik potensi jambu kristal asal Kecamatan Cikembar dapat menembus pasar dunia. Hal itu dikatakan Kepala Seksie Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Deni Ruslan.

Dihubungi Sukabuminow.com melalui sambungan telepon, Deni mengatakan, sangat mengapresiasi Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, yang memperjuangkan budidaya jambu kristal. Serta bercita-cita membawa jambu kristal dari Kabupaten Sukabumi menembus pasar ekspor.

“Kami sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm ini. Sebab memang sejauh ini belum ada wadah yang seperti ini. Apalagi jambu kristal dari Cikembar ini memang manis dan renyah,” tutur Deni Ruslan, Senin (2/3/20).

Sejauh ini, lanjut Deni, potensi ekspor yang telah melekat berasal dari Kabupaten Sukabumi yakni manggis dan bunga potong Dracena. Ia berharap, jambu kristal dapat masuk jajaran pasar ekspor berikutnya dari Kabupaten Sukabumi.

“Sejauh ini, daerah penghasil jambu kristal berkualitas dari Kabupaten Sukabumi itu Kecamatan Cikembar, Nyalindung, Gegerbitung, dan Cicurug. Tentu saja masih banyak lagi wilayah lain yang memiliki budidaya jambu kristal. Itu yang harus dikembangkan oleh asosiasi tersebut,” ujarnya.

Deni menegaskan, Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm Cikembar harus dapat memenuhi harapan banyak pihak yang menginginkan jambu kristal asal Kabupaten Sukabumi dapat membanjiri pasar ekspor. Namun menurutnya, beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni di antaranya registrasi lahan dan kebun.

“Registrasi lahan dan kebun itu menjadi kewenangan provinsi. Kami (Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi) sangat mendukung penuh Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm Cikembar. Semoga kedepan, jambu kristal mampu menyusul manggis dan Dracena yang telah lebih dulu mendunia,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm, Hima Imaduddin Malik, menegaskan, lahan dan iklim di Desa Bojongkembar, dinilai cocok untuk budidaya jambu kristal. Buah yang dihasilkan lebih manis dibanding daerah lain.

“Hasilnya cukup bagus. Dan sudah ada beberapa perusahaan eksportir yang meminta jambu kristal ke kami untuk ekspor. Untuk itu, kami akan secepatnya mengajukan sertifikasi, agar jambu kristal dari kami memenuhi kualifikasi untuk diekspor oleh perusahaan-perusahaan yang meminta tadi,” jelasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close