AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Jambu Kristal Masuk Pasar Ekspor, Petani Cikembar Bentuk Asosiasi

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Puluhan petani jambu kristal di Desa Bojongkembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, bertekad menjadikan jambu kristal sebagai ikon pertanian di wilayah Cikembar. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Bojongkembar, Solehudin Wahid.

“Kualitas jambu kristal Cikembar memang sangat bagus. Apalagi sekarang sudah masuk pasar ekspor. Jadi harus ditingkatkan lagi,” ungkap Solehudin kepada Sukabuminow.com, Senin (2/3/20).

JAMBU Kristal berkualitas asal Cikembar. Foto : Sukabuminow

Untuk mendukung hal itu, para petani jambu kristal di Desa Bojongkembar membentuk asosiasi untuk mewadahinya. Pembentukan Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm digelar di Saung Balai Desa Area Kebun Jambu Kristal Bojongkembar, Sabtu (29/2/20). Hima Imaduddin Malik, terpilih sebagai ketua asosiasi tersebut melalui sebuah proses musyawarah.

“Alhamdulillah, saya dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Petani Jambu Kristal Bojong Farm. Saat ini pengurusnya berjumlah 25 orang. Semuanya petani jambu kristal dari Desa Bojongkembar, Cikembar,” ujar Hima yang juga mahir dalam merakit website tersebut.

“Lahan disini subur dan iklimnya cocok untuk budidaya jambu kristal. Buah yang dihasilkan lebih manis dibanding daerah lain. Sudah ada permintaan untuk ekspor dari beberapa perusahaan, kami akan secepatnya mengajukan sertifikasi kebun sebagai salah satu persyaratan untuk bisa ekspor,” imbuh Hima.

Ia menjelaskan, pengukuhan dirinya dilakukan oleh Kades Bojongkembar. Selain petani dan perangkat desa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pendamping Desa, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Kecamatan Cikembar, Penyuluh Pertanian Lapangan Desa Bojongkembar, dan tokoh masyarakat sekitar.

“Kami sangat berharap, asosiasi ini dapat menjadi wadah khusus untuk petani jambu kristal di Cikembar dan bahkan Kabupaten Sukabumi. Itu untuk memudahkan komunikasi, berbagi pengetahuan, mengembangkan pasar, dan lainnya,” ujar Kepala Balai Pelatihan Pertanian Cikembar, Maman Surahman.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close