AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Cikembar Launching Sipendawa Nitis, Apa Itu?

Reporter : Mulya

Sukabuminow.com || Berbagai inovasi terus dilakukan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kualitas hidup warganya. Terbaru, Kecamatan Cikembar membuat program khusus untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi (AKI/AKB). Inovasi itu dinamakan Sipendawa Nitis atau Sistem Pendataan Warga Dinamis.

Sipendawa Nitis dilaunching di Aula Kecamatan Cikembar, Kamis (2/7/20) oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri. Launching Sipendawa Nitis dilengkapi dengan pelayanan donor darah, pelayanan e-KTP, KB, dan sosialisasi penanganan Covid-19 menuju Adaptasi Kebiasaan baru (AKB).

Penggagas Sipendawa Nitis yang juga Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah, menjelaskan, Kecamatan Cikembar berorientasi memberikan pelayanan prima dan terpadu untuk kemaslahatan masyarakat Cikembar. Salah satu bidang yang menjadi perhatian khusus adalah kesehatan. Atas dasar itu, maka dibuatlah Sipendawa Nitis.

“Di Kecamatan Cikembar kasus kematian ibu dan anak cukup tinggi. Untuk itu perlu upaya sistemik menurunkannya. Sipendawa Nitis salah satu jawaban untuk menekannya,” jelasnya.

Di tempat sama, Iyos Somantri, merespon positif inovasi Camat Cikembar dan antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Semoga Sipendawa Nitis ini bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Program ini bisa dijadikan model di Kabupaten Sukabumi terkait pelayanan kesehatan ibu dan bayi,” jelasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close