AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Bus Perintis Masuk Jalur Wisata di Selatan Kabupaten Sukabumi, Ini Penjelasannya

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana mengoneksikan daerah pariwisata di selatan dengan menggunakan angkutan perintis. Hal itu dibahas secara terbuka dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) IX Jawa Barat, di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Kamis (6/8/20).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengatakan, pariwisata di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi memiliki potensi yang sangat luar biasa. Namun potensi itu seolah ‘mubazir’ karena belum terkoneksi dengan baik akibat ketiadaan angkutan umum yang memadai.

“Sejauh ini, hanya yang punya motor atau mobil saja yang bisa menikmati potensi wisata di selatan. Sementara yang tidak punya kendaraan, tidak bisa melakukan itu,” tutur Marwan.

Kehadiran angkutan perintis, dalam hal ini bus Damri, dapat menjadi solusi transportasi di area wisata Kabupaten Sukabumi, terutama di area Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

“Kami sangat ingin melihat ada bus Damri dengan rute Palabuhanratu – Ujunggenteng dan sebaliknya. Begitupun ke beberapa area wisata lainnya. Rintisan angkutan ini bisa mempercepat pengembangan kesejahteraan masyarakat. Perekonomian akan lebih hidup,” jelasnya.

Di tempat sama, Kepala BPTD IX Jabar, Dandun Prakosa, mengatakan, sejauh ini telah terdapat empat angkutan perintis bus Damri. Dirinya mengaku setuju dengan gagasan menggabungkan perintis angkutan umum dan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

“Kenapa tidak?, potensinya sangat mumpuni,” jelasnya.

“Fasilitas dan kelengkapan pendukung jalan khususnya jalan nasional juga harus dilengkapi untuk mendukung hadirnya perintis pariwisata. Seperti rambu lalulintas, penerangan jalan umum juga bisa dikoordinasikan Pemkab Sukabumi dengan provinsi bahkan pusat,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close