Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Buang Bayi di Saluran Irigasi, Wanita Cantik Ini Dituntut Puluhan Tahun Bui

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Tak butuh waktu lama, polisi akhirnya menetapkan wanita cantik berinisial IP (18 th) sebagai tersangka dalam kasus pembuangan bayi di Kampung/Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (8/10/21).

Selain itu, seorang pria berinisial A (22 th), yang merupakan pasangan IP dan ayah bayi laki-laki itu, juga ditetapkan tersangka. Keduanya dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak tentang dugaan perkara kekerasan terhadap anak yang mengakibatkan meninggal dunia dan atau tindak pidana pembunuhan berencana.

“Korban kita identifikasi bayi usia kurang lebih sekitar 8 bulan berjenis kelamin laki-laki, berat kurang lebih 1,6 kilogram,” terang Kasatreskrim Polres Sukabumi, AKP Rizka Fadhila, kepada awak media.

Keduanya, kata Rizka, merupakan warga sekitar. Sengaja menggugurkan kandungan di usia 8 bukan dengan meminum obat. Pasangan tersebut memang tidak mengkhendaki kelahiran bayi tersebut.

“Bayi dipaksa keluar sekitar pukul 4 subuh di suatu tempat. Kemudian IP ini meletakan bayi di pinggir tepian sungai. Ketika akan diambil lagi ternyata sudah tidak ada. Pukul 7 pagi sudah ramai penemuan jasad bayi itu,” jelasnya.

Dalam kasus tersebut, polisi mengamankan baju IP saat melahirkan. Keduanya diancam hukuman 15 tahun penjara. Namun karena dilakukan oleh ibu kandung,. hukuman ditambah satu per tiga menjadi 20 tahun penjara.

“Kondisi bayi saat ditemukan sudah meninggal. Untuk memastikan bagaimana bayi itu meninggal, kami berkoordinasi dengan RS Sekarwangi dan akan melaksanakan otopsi pada jasad bayi,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close