AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Canangkan Kesrak PKK, Ini Harapan Bupati Sukabumi

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Kiprah Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Sukabumi makin dituntut mampu membangun keluarga sehat sejahtera yang sakinah, mawadah, warohmah.

Demikian harapan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, saat mencanangkan kesatuan gerak (Kesrak) PKK Bangga Kencana – Kesehatan tingkat Kabupaten Sukabumi tahun 2021, secara virtual di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Jumat (8/10/21).

“Pencanangan ini tujuannya untuk meningkatkan cakupan pelayanan dan kesehatan yang merata. Mulai dari lingkungan rumah dan pemukiman yang bersih, sehat, dan berkualitas. Khususnya dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, pembangunan keluarga berencana, dan kesehatan di Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Marwan mengaku bangga terhadap PKK Kabupaten Sukabumi yang tetap eksis dan tidak pernah surut meski ada pandemi Covid-19.

“Saya berbahagia dan bersyukur atas eksistensi PKK. Momentum pencanangan yang dirangkaikan dengan Rakor ini, menjadi ajang untuk memunculkan energi baru. Terutama bagi TP-PKK, DPPKB, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, dalam memunculkan ide cerdas dan gagasan yang cemerlang. Terutama dalam penyelesaian masalah kependudukan yang dihadapi semua pihak di kala laju penduduk begitu cepat,” ucapnya.

Kepedulian seluruh jajaran TP-PKK, lanjut Marwan, harus semakin ditingkatkan. Khususnya yang berhubungan dengan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Saya harapkan kegiatan Kesrak PKK Bangga Kencana kali ini lebih fokus pada kegiatan yang secara langsung meringankan beban keluarga dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan,” terangnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Kabupaten Sukabumi, Yani Jatnika Marwan mengatakan, Kesrak PKK Banga Kencana-Kesehatan akan dilaksanakan selama tiga bulan, Oktober hingga Desember 2021.
Kesrak meliputi tiga kategori, yakni kesatuan gerak, LBS, dan PHBS. Sedangkan kegiatan Posyandu terpisah.

“Kesrak merupakan program terpadu yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup serta pelayanan kepada masyarakat. Baik program KB maupun kesehatan, serta meningkatnya peran dasa wisma. Selain itu, kegiatan Kesrak untuk menekan angka kematian ibu, bayi, dan balita, serta stunting,” ujarnya.

“Kabupaten Sukabumi senantiasa menunjukan komitmen kuat dalam penyelenggaraan kegiatan ini setiap tahunnya. Sebab, berdampak terhadap derajat kesehatan masyarakat dan keluarga. Alhamdulillah, selama tiga tahun berturut-turut terhitung 2018-2020 kami selalu meraih juara di tingkat provinsi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan trophy dan hadiah bagi pelaksana terbaik kegiatan Kesrak PKK Bangga Kencana-Kesehatan tahun 2021. Juara pertamanya adalah Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, juara kedua Desa Bojonggenteng, Kecamatan Jampangkulon, dan juara ketiga Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak. Sementara juara harapan satu Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak, harapan dua Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, harapan tiga Desa Semplak, Kecamatan Sukalarang, harapan empat Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, dan harapan lima Desa Sukaharja, Kecamatan Warungkiara.

Selain itu, diserahkan piagam serta hadiah kepada Kecamatan Cicurug atas capaian terbaik hasil pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang MOW. Sementara Kecamatan Kadudampit meraih piagam dan hadiah atas capaian terbaik hasil pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang MOP.

Editor : Mulya H || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close