AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Berikan Pemahaman Soal Kartu Tani, Gapoktan Motekar Gelar Sosialisasi

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Puluhan petani dari tujuh kelompok tani (Poktan) yang tergabung dalam Gapoktan Motekar Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, menggelar sosialisasi Kartu Tani Indonesia, di Kantor Desa Cicantayan, Jumat (11/9/20).

“Kami menyosialisasikan penggunaan Kartu Tani Indonesia (KTI) kepada para petani. Sehingga para petani memahami fungsi dan manfaat KTI serta bisa menggunakan kartu ini dengan baik,” tutur ketua Gapoktan Motekar, Entis, kepada Sukabuminow.com.

Selain petani, kegiatan itu juga dihadiri oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Babinsa, Kepala Desa Cicantayan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ada sebanyak 28 petani dari tujuh Poktan yang tergabung dalam Gapoktan Motekar. Kami berikan pemahaman, jangan sampai salah paham. Kartu Tani ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang. Tapi khusus digunakan untuk membeli kebutuhan pertanian, khususnya pupuk bersubsidi,” jelasnya.

Di tempat sama, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah Kecamatan Cicantayan, Ilham Mulia Risdian, yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut, menjelaskan, KTI akan menjadi identitas dari petani untuk bisa mengakses pupuk bersubsidi.

“KTI ini bisa memenuhi aspek enam tepat, yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, dan tepat mutu. Yang harus diperhatikan, KTI sudah sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang telah disusun oleh Poktan,” tandas Ilham.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close