AdvertorialKabupaten SukabumiPendidikan

Belajar di Rumah Kembali Diperpanjang

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Tahun ajaran baru 2020/2021 telah dimulai. Namun, proses pembelajaran terbatas akibat adanya pandemi Covid-19. Seluruh sekolah di Kabupaten Sukabumi dibatasi, dengan belajar di rumah secara online hingga keluar surat dari Kemendikbud terkait pemberitahuan selanjutnya.

“Iya, kami mengikuti Surat Edaran Kemendikbud dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan secara online. Tapi kami juga melihat kesiapan orang tua murid. Semua itu untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terang Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Palabuhanratu, Ida Hendrayani, Senin (13/7/20).

Ia menjelaskan, MPLS dan KBM dilakukan secara online. Selain itu, proses KBM di rumah telah memiliki regulasi tersendiri.

“Ada beberapa pilihan memang. Sudah disosialisasi kepada orang tua murid yang hadir secara bergantian. KBM di rumah secara online dilakukan melalui aplikasi WA, video call, atau zoom meeting,” jelasnya.

“Ada juga pilihan belajar di luar jaringan. Tapi terbatas sesuai protokol kesehatan. Kita tunjuk menurut zonasi dengan isi per kelompok 5 orang termasuk ditunjuk dimana lokasinya. Kita kembalikan kepada orang tua masing-masing, mau online atau luar jaringan,” imbuhnya.

Ida menegaskan, kendati belajar di rumah, namun pihaknya tetap menargetkan hasil maksimal. Meski hasilnya tidak mungkin kurikulum dapat tersampaikan 100 persen.

“Kami akali sebisa mungkin, agar KBM tetap berjalan maksimal. Tadi sudah didata, ada orang tua yang tidak memiliki ponsel android. Ada juga kendala jaringan. Kita fasilitasi dengan buku modul yang bisa didapat di toko yang sudah kita ajak kerja sama. Namun sebelumnya orang tua harus datang dulu ke sekolah sebelum ke toko buku untuk konfirmasi perihal KBM. Modul online juga kita share melalui WA grup,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close