Kabupaten Sukabumi

TMMD Kalibunder Hidupkan Marwah Gotong Royong

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi di Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, telah memasuki hari ke-12 pasca dibuka secara resmi pada 30 Juni 2020 lalu.

Komandan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, mengatakan, seluruh sasaran fisik maupun non fisik berjalan sesuai rencana kerja. Namun, satu hal yang membuat Suyikno tersenyum lebar, yakni semangat warga Sukaluyu membangun sinergi dengan para prajurit Satgas TMMD dalam menyelesaikan seluruh pekerjaan yang menjadi sasaran pembangunan.

Foto : Ist

“Prajurit semangat, itu sudah biasa. Ini masyarakat yang punya semangat prajurit. Dan itu sangat luar biasa. Terlihat jelas dalam TMMD kali ini. Semuanya antusias dan ingin ikut ambil bagian dalam pengerjaan seluruh sasaran,” terang Suyikno melalui pesan WhatsApp, Minggu (12/7/20).

Ia menegaskan, sinergitas yang terjalin antara prajurit dengan masyarakat, mengahdirkan ikatan batin yang kuat. Sehingga menghidupkan kembali budaya gotong royong yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

“Gotong royong selalu terjalin bagus di lokasi TMMD. Bahkan saya melihat, masyarakat sekitar mulai merasa bahwa kami adalah keluarga mereka. Sangat indah tentunya. Marwah gotong royong kembali hidup dalam TMMD ini,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Perwira Seksie Teritorial Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kapten Arm Witono, menjelaskan, pihaknya terus mengebut seluruh pekerjaan baik sasaran fisik maupun non fisik. Hingga berita ini dimuat, proses pembangunan seluruh sasaran dalam TMMD kali ini telah mencapai 65 persen.

“Hari ini kami kebut pekerjaan rabat beton Kampung Cimurilit – Kampung Rahong sepanjang 600 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 0.08 meter. Hampir semua masyarakat terlibat. Ini membuat pekerjaan Satgas TMMD menjadi lebih ringan tentunya,” beber Witono.

TMMD Kalibunder sendiri dipastikan akan berlangsung hingga 29 Juli 2020. Adapun sasaran pembangunan fisik dalam TMMD Ke-108 tahun 2020 meliputi Pengaspalan jalan desa sepanjang 1,6 kilometer dan lebar 2,5 meter; Pembangunan gorong-gorong sebanyak 7 unit; Pembangunan TPT sepanjang 217 meter, lebar 0,25 meter, dan tinggi 1,8 meter; Pengerasan jalan desa sepanjang 850 meter, lebar 2 meter, dan tebal 0,15 meter;

Selanjutnya Pembangunan rambat beton ruas 1 sepanjang 600 meter, lebar 1 meter, dan tebal 0,08 meter; Pembangunan rambat beton ruas 2 panjang 650 meter, lebar 2 meter, dan tebal 0,08 meter; Pembangunan rambat beton ruas 3 panjang 750, lebar 1 meter, dan tebal 0,01 meter; Pembangunan sarana air bersih sumur bor sebanyak 3 unit; Pembangunan MCK sebanyak 3 unit;

Terkahir Pembangunan Posyandu 1 unit; Pembangunan jembatan gantung sepanjang 40 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 8 meter; Pembangunan bronjong sepanjang 78 meter persegi; dan Rehabilitasi Rutilahu sebanyak 10 unit;

Sedangkan sasaran pembangunan non fisik meliputi Penyuluhan kependidikan; Penyuluhan keagamaan; Penyuluhan kesehatan; Penyuluhan pertanian; Penyuluhan peternakan; Penyuluhan kepemerintahan desa; Penyuluhan keamanan dan ketertiban masyarakat; Penyuluhan program KB; Penyuluhan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan; dan Pembinaan Pramuka Saka Wira Sartika;

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close