Kabupaten SukabumiPemerintahan

Bapenda Gencarkan Program Gebyar Sipenyu

Sukabuminow.com || Gerakan Sadar Membayar Pajak Dan Retribusi Melalui Pelayanan Rakyat Terpadu (Gebyar Sipenyu) menjadi program andalan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Program tersebut dirilis Herdy Somantri selaku Kepala Bapenda.

Selain Gebyar Sipenyu, pria yang karib disapa Bima itu mengatakan, pihaknya juga memiliki program lain, di antaranya Pada Nikah Ya, atau Penyepadanan NIK dan Nilai Objek Objek Pajak. Dengan program tersebut, kata Bima, masyarakat dapat melakukan penyepadanan. Sehingga hanya dengan memeriksa NIK, seluruh kewajiban pajak masyarakat dapat diketahui.

“Ketika dari NIK kita bisa lihat NOP, objek tanah, dan lainnya. Jadi single data tidak usah yang lainnya,” tuturnya saat di stand Bapenda dalam Pembukaan Mal Pelayanan Publik (MPP) Bergerak dan Peluncuran Inovasi Layanan Keliling Kemudahan Berusaha Terpadu, Satu Atap Satu Pintu (LINK-SATU), di Aula Setda, Palabuhanratu, Kamis (20/6/24).

Program selanjutnya, kata Bima, yakni Smart Bapenda atau Sistem Administrasi Masyarakat Terpadu Badan Pendapatan Daerah. Hanya dengan menghubungi 085798888110, masyarakat segala jenis pelayanan pajak dan retribusi di Bapenda secara digital.

“Ada juga Pastel Isi atau Pasar Pelayanan Pajak Teladan Terintegrasi. Di sini ada mobil keliling nanti di area blank spot dan sebagainya,” tegasnya.

Bima juga kembali menegaskan, bahwa pihaknya menyiapkan hadiah bagi masyarakat yang telah lunas Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) per Juni 2024. Hadiah yang disiapkan berupa umroh. Adapun sistem hadiah akan melalui pengundian.

“Itu jadi motivasi untuk seluruh masyarakat. Kita harus sadar betul karena pajak itu untuk membantu pendidikan, membantu masyarakat miskin, membantu kesehatan masyarakat, peningkatan infrastruktur,” terangnya.

“Itu esensi dari pajak, masyarakat harus menerima manfaat. Jangan berpikir bahwa bayar pajak tapi jalannya rusak. Tapi ada unsur pendidikan, kesehatan, dan lainnya juga. Jadi kita membantu saudara-saudara melalui pajak itu,” tandasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button