AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

DLH Kabupaten Sukabumi Inisiasi Gerakan Bersih-bersih Pantai

Sukabuminow.com || Rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih berlanjut. Terbaru, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi menginisiasi kegiatan Bersih-bersih Pantai Palabuhanratu, Jumat (21/6/24).

Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, Prasetyo mengatakan, seluruh unsur pentahelix terlibat dalam kegiatan tersebut. Pembersihan dilakukan sepanjang 2 kilometer, dari mulai Alun-alun Gadobangkong hingga Pantai Muara Citepus.

“Kita mengajak seluruh masyarakat di sini untuk ikut terlibat dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini. Apalagi pantai ini merupakan destinasi wisata. Dan tentu saja menjadi wajah pariwisata Kabupaten Sukabumi khususnya Palabuhanratu,” tutur Prast usai memimpin apel persiapan kegiatan di Pantai NR Citepus.

Prast mengakui jika kegiatan tersebut merupakan salah satu persiapan menyamut Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang akan berlangsung pada akhir Juli mendatang. Namun yang paling inti, menurutnya, yakni memicu kesadaran dan mengedukasi masyarakat khususnya para pengelola kawasan wisata.

“Nanti saya mau datangi satu-satu. Sehingga nanti bukan hanya mengelola wisatanya, tapi juga dengan sampahnya. Jadi tidak hanya mengandalkan DLH. Mereka juga harus bisa mengelola sampah dengan baik. Harus diingat bahwa tidak semua sampah dibuang, tapi bisa dikelola,” ujarnya.

“Seperti sampah organik itu kan seharusnya tidak dibuang. Itu bisa dibuat magot, bisa juga dibuat kompos, dan lain sebagainya. Dan itu bisa dikelola oleh masing-masing kawasan wisata,” imbuhnya.

Prasetyo berseloroh, dirinya berharap truk sampah DLH Kabupaten Sukabumi kosong. Ia tidak berharap ada sampah yang harus diangkut setiap harinya. Satu di antaranya dengan melakukan pengelolaan sebaik mungkin.

“Setelah kosong berarti warga masyarakatnya sudah sadar. Jadi bisa mengelola sampah masing-masing. Saya ingin tidak harus lagi truk saya tambah dan TPA yang harus saya tambah,” katanya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button