Kabupaten SukabumiKesehatanSosial

Andalkan Kinerja Pokja, TP PKK Cicantayan Cegah Penyebaran Covid-19

Reporter : Denden

Sukabuminow.com || Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi aktif menyosialisasikan cara melindungi diri dari wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) kepada masyarakat. Tim Penggerak Pemberdaayan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Cicantayan dibawah komando Siska Sendi menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat agar terhindar dari wabah tersebut.

Bersama para ketua dan seluruh anggota TP PKK di 8 desa se-Kecamatan Cicantayan, Siska Sendi terus berkeliling memberikan edukasi terkait wabah Corona kepada masyarakat. Bahkan dalam dua minggu terakhir, pihaknya menjalankan program mandiri melalui 4 kelompok kerja (Pokja) yang dibentuknya.

“Masyarakat harus paham betul apa itu Corona dan bagaimana cara mencegah penyebarannya. Kami terus berikan edukasi kepada masyarakat,” tutur Siska kepada Sukabuminow.com, Jumat (17/4/20).

Adapun 4 Pokja yang dibentuk, memiliki tugas di bidang masing-masing. Di antaranya Pokja I, membidangi keagamaan. Tugasnya memberikan penyuluhan terhadap masyarakat khusunya ibu-ibu pengajian, mengenai tata cara pencegahan Covid-19 baik di rumah maupun majelis ilmu dengan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk melalui sarana media sosial lainnya.

Sementara Pokja 2, bertugas menerapkan pemberdayaan pembuatan masker dengan bahan donasi perusahaan dan masyarakat. Bahkan mereka sukses menjalin Kerja sama dengan PT Muara Tunggal Cibadak untuk pengadaan bahan masker yang telah siap dijahit.

“Kami sudah membagikan 3.450 masker kemarin (Kamis) di seluruh desa se-Kecamatan Cicantayan,” ujarnya.

Selanjutnya Pokja 3, bertugas menggalakkan gerakan cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Mereka juga memonitor pembuatan wastafel portabel mandiri dan sederhana, sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait 6 langkah mencuci tangan dengan sabun.

Sedangkan Pokja 4, bertugas menyediakan bahan-bahan alami yang tersedia di warung sehat dan kebun gizi untuk membuat hand sanitizer ramah lingkungan.

“Kami ingin berkontribusi meringankan tugas pemerintah, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada cara termudah yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah sebaran Covid-19,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close