AdvertorialKabupaten SukabumiPendidikan

ANBK di Depan Mata, Ini Pesan Kadisdik Kabupaten Sukabumi

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com || Dalam waktu dekat, satuan Pendidikan Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan sederajat, akan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Muhammad Solihin mengatakan, ANBK akan digelar September hingga Oktober.

“Kami hanya membawahi sampai SMP. Sebab SMA itu sudah dibawahi oleh provinsi. Akhir bulan ini ANBK untuk SMP dilakukan,” terang Solihin, Rabu (8/9/21).

Ia menegaskan, telah mengimbau sekolah agar jangan terlalu mendramatisir persiapan ANBK. Sehingga mewajibkan pengayaan, bimbingan belajar, hingga mewajibkan pelajar untuk membeli buku khusus.

“ANBK bukan untuk mengukur personal pelajar atau lembaga sekolah tersebut. Tetapi untuk mengetahui secara nasional penilaian di komulatif dari sekolah seluruh Indonesia. Seperti apa tingkat mutu pendidikan di Indonesia. Sehingga treatment-nya jelas,” ungkap Solihin.

Adapun pelajar Kabupaten Sukabumi yang mengikuti ANBK berjumlah 75 orang dari setiap sekolah. Terdiri dari 30 pelajar SD dan 45 pelajar SMP kelas VIII.

“Pemilihan nama pelajar yang ikut ANBK nanti dirandom dari pusat. Yang penting dan harus ditingkatkan itu justru bukan beli buku, tapi laptop di sekolah. Hari ini sekolah salah persepsi, karena gengsi malah ingin menjadi sekolah favorit,” jelasnya.

“Padahal ANBK ini tidak ada pengaruhnya secara langsung terhadap predikat pelajar atau sekolah itu,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close