AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Alpukat Berkualitas dari Hygreen Avocado Farm

Reporter : Bimbim

Sukabuminow.com || Hygreen Avocado Farm di Kampung Bunisari, Langensari, Kecamatan Sukaraja memasuki masa panen. Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, menghadiri acara petik perdana buah alpukat di tempat tersebut, Sabtu (8/2/20).

Marwan menyebut, buah bernama latin Persea Americana Mill tersebut merupakan salah satu unggulan di bidang pertanian Kabupaten Sukabumi.

“Kami (Pemkab Sukabumi) melalui Dinas Pertanian terus mendorong sektor pertanian di setiap wilayah. Mulai dari bunga potong, sayuran, hingga hasil perkebunan seperti buah-buahan,” tutur Marwan usai kegiatan.

Hygreen Avocado Farm menggunakan sistem pertanian demplot. Model itu, kata Marwan, harus menjadi perhatian agar mampu menarik minat para petani. Sehingga saat akan menanam, dapat mencermati untung ruginya sehingga tidak lagi berspekulasi.

“Mayoritas masyarakat di Kabupaten Sukabumi adalah petani. Untuk meningkatkan kesejahteraannya, harus didorong lewat kebijakan pemerintah. Kalau tidak, akan sulit untuk intesifikasi dan diversifikasi pertanian. Kedepan, para petani perlu didukung aspek teknologinya sehingga berdampak besar bagi kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Di tempat sama, pemilik Hygreen Avocado Farm, Abdul Malik, mengatakan, terdapat 350 tanaman alpukat yamg dikembangkan di lahan seluas 3,5 hektare. Semua tanaman tersebut terbagi ke dalam lima varietas. Di antaranya Miki, Bahagiawati, Yadi Mulyadi, Arya, dan Alvin.

“Varietas Miki yang paling banyak ditanam di sini,” terangnya.

Ia menjelaskan, tanaman alpukat di Hygreen Avocado Farm baru berusia tiga tahun. Namun telah menghasilkan buah hingga 20 kilogram dari setiap pohonnya.

“Satu pohon bisa menghasilkan 1 ton jika usianya sudah lebih dari 15 tahun. Penjualannya saat ini langsung ke konsumen dan kami distribusikan juga ke supermarket premium,” bebernya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close