Uncategorized

Wabup Sukabumi : Pariwisata Untuk Sejahterakan Masyarakat

Sukabuminow.com || Penataan dan pengembangan kawasan wisata, sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan Adjo Sardjono, Wakil Bupati Sukabumi, saat membuka Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan ke-3 di Balai Pinton Panenjoan, Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Sabtu (15/12/18).

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi itu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kawasan wisata utamanya UGG (UNESCO Global Geopark) Ciletuh-Palabuhanratu dengan beragam kegiatan. Sehingga mengundang banyak wisawatan yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Kedatangan wisawatan akan berpengaruh pada penjualan suvenir dan penyewaan rumah singgah (homestay) juga akan menjadi sumber pemasukan masyarakat,” tutur Adjo usai kegiatan.

Kabupaten Sukabumi, katanya, memiliki syarat yang lengkap untuk disebut sebagai kawasan pariwisata favorit. Potensi Gurilapss (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya) melengkapi keindahan kabupaten terluas kedua se-Jawa Bali setelah Kabupaten Banyuwangi itu.

“Sinergi pemerintah daerah dengan masyarakat sangat penting dalam mempromosikan kawasan wisata. Apalagi ini sudah diakui dunia. Keindahan alam dan kearifan lokal ada di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

“Semakin kita promosi dan eksis dengan berbagai kegiatan, maka gaungnya akan lebih sampai kepada masyarakat luar daerah bahkan luar negeri,” tambahnya.

Baca Juga :

Di tempat sama, Endang selaku ketua PAPSI (Paguyuban Alam Pakidulan Sukabum), mengaku terpanggil untuk melestarikan dan menjaga nilai-nilai kebudayaan lokal yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Sukabumi. Bukti nyata ia perlihatkan dalam Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan yang konsisten digelar dalam tiga tahun terakhir ini.

“Beberapa sanggar seni di Kabupaten Sukabumi ikut memeriahkan kegiatan ini. Semuanya siap konsisten melestarikan kebudayaan dan kearifan lokal khususnya di kawasan geopark,” beber Endang.

“Lamun henteu ku urang arek ku saha deui? (kalau tidak sama kita, mau sama siapa lagi?),” sambungnya.

Beragam kegiatan ditampilkan dalam Pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan ke-3 tahun 2018. Di antaranya penanaman 1000 pohon, pagelaran seni dan budaya, talk show kesenian, kesenian Sukabumi, band performance, penganugrahan karya, lomba mewarnai, lomba gambar kesenian Sukabumi, guyang sabilulungan, dan banyak lagi yang lainnya. (Ridwan HMS/Rado)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com || Marketing : 085219906182 / 081646949947

Tags

Related Articles

Close
Close