AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Ubah Sampah Jadi Pupuk, Pemkab Sukabumi Gandeng Masaro

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan mengelola sampah berbasis teknologi dengan mengubahnya menjadi pupuk organik.

Pembahasan kerja sama pengelolaan sampah tersebut dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman, dengan PT. Masaro Sukabumi Maju Mandiri, di ruang rapat BKPSDM Jl. Raya Kadupugur Kecamatan Cicantayan, Kamis (7/10/21).

Ade mengatakan, nota kesepahaman kerja sama tentang pengelolaan sampah tersebut telah disepakati pada Agustus 2021 lalu.

“Pengelolaan sampah ini diproyeksikan menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan oleh para petani di Kabupaten Sukabumi. Berdasarakan kajian hasil teknologi, pupuk organiknya cocok untuk palawija dan sayuran. Kedepan, Dinas pertanian akan mengelola pupuk organik itu,” ujar Sekda.

Melalui kerja sama ini, Ade berharap, beban dalam pengelolaan sampah akan semakin berkurang.

“Pengelolaan sampah dengan pihak ketiga ini harus saling menguntungkan,” katanya.

Sementara itu Direktur Masaro Sukabumi, Wenda Aweng, mengungkapkan bahwa perusahaannya merupakan cabang dari Masaro Bandung.

“Masaro Bandung bernaung di bawah Institut Teknologi Bandung (ITB) yang mengenalkan teknologi pengelolaan sampah yang murah dan efektif,” kata Wenda.

Untuk tahap awal, lanjut Aweng, Pasar Cibadak dan Palabuhanratu akan menjadi pilot projectnya.

“Rencana awal di seluruh Kabupaten Sukabumi. Karena ada keterbatasan jadi akan dicoba dulu di Pasar Cibadak dan Palabuanratu sekaligus uji teknologinya,” terang Wenda.

Editor : Mulya H || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close