AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Tingkatkan Kualitas RTHKP, Disperkim Revitalisasi Alun Alun Palabuhanratu

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi tengah melakukan revitalisasi Alun Alun Palabuhanratu melalui pihak ke-3. Pantauan di lapangan, beberapa bagian di tempat tersebut akan diganti dengan tujuan meningkatkan kualitas tempat itu.

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman mengatakan, revitalisasi Alun Alun Palabuhanratu bukan tanpa sebab dan dasar. Salah satunya yakni berdasarkan pemeriksaan tim teknis yang menemukan beberapa hal yang dikatakan cukup membahayakan keselamatan jiwa.

“Salah satunya podium yang akan direvitalisasi yang dilakukan terakhir pada 2018 lalu. Hasil pemeriksaan tim teknis menemukan bahwa tiang dan atap podium sudah ada yang keropos di beberapa bagian. Muncul kekhawatiran atap podium tersebut roboh dan berdampak terhadap keselamatan jiwa manusia. Sehingga podium tersebut direvitalisasi. Nantinya, podium akan diselaraskan dengan Kantor Setda,” terang Dedi, Jumat (20/8/21).

Selain alasan itu, Dedi menjelaskan, dasar hukum revitalisasi Alun Alun Palabuhanratu juga menjadi acuan. Di antaranya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP). Dimana penyediaan dan pemeliharaannya menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota untuk segmen RTHKP publik.

“Kegiatan saat ini termasuk dalam pemeliharaan. Yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan yang sehat, indah, bersih dan nyaman,” jelasnya.

Tak hanya podium, beberapa bagian lainnya di Alun Alun Palabuhanratu juga dipastikan mendapatkan sentuhan. Satu di antaranya adalah drainase.

“Kondisi Topografi Alun Alun Palabuhanratu berada di kisaran 0 hingga 3 meter di atas permukaan laut. Hal itu membuat kemungkinan terjadinya genangan apabila debit air tinggi. Sehingga fasilitas drainase di Alun Alun Palabuhanratu perlu mendapat atensi khusus. Itu yang kita lakukan saat ini,” ucap Dedi menerangkan.

Saat ini, lanjutnya, luas RTHKP di Kabupaten Sukabumi baru mencapai 12 persen. Hal itu masih dikatakan kurang. Mengingat menurut Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Nomor 26 tahun 2007, bahwa luas ideal RTHKP minimal 20 persen dari kawasan perkotaan.

“Berdasarkan data yang ada, luas RTHKP di Kabupaten Sukabumi saat ini baru sekitar 12 persen. Sehingga perlu terus ditingkatkan serta fasilitas yang telah ada perlu dipelihara,” bebernya.

Sedangkan untuk penganggaran, Dedi Chardiman menjelaskan, kegiatan revitalisasi Alun Alun Palabuhanratu dan beberapa RTH lainnya, sudah sesuai dengan perencanaan. Karena telah ter-anggarkan dalam APBD.

“Itu sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 9 Tahun 2006 Tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Sukabumi. Jadi In Syaa Allah kegiatan revitalisasi ini sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Serta telah direncanakan sebelumnya, dan bukan kegiatan yang dipaksakan,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close