AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Tebus Pupuk Bersubsidi, Petani Wajib Miliki Kartu Tani

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Kementerian Pertanian RI merilis program Kartu Tani untuk seluruh petani di seluruh daerah. Kartu tani tersebut berisi kuota pupuk untuk petani dalam setahun dan diberikan per musim tanam.

Kepala Bidang Prasarana Dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eli Sulastri, melalui Kepala Seksie Pupuk, Pestisida, dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Eris Firmansyah, mengatakan, untuk mendapatkan kartu tani, seorang petani harus terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Pupuk Bersubsidi Elektronik (e-RDKK), sebagai dasar penebusan pupuk bersubsidi.

“Petani harus terdaftar di e-RDKK untuk mendapatkan kartu tani. Pengajuan e-RDKK hingga 20 November mendatang. Petani bisa mengajukan pendaftaran e-RDKK melalui Poktan masing-masing. Selanjutnya diajukan ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) masing-masing wilayah,” tutur Eris saat ditemui Sukabuminow.com di ruangannya, Selasa (6/10/20).

Sementara itu, kata Eris, terdapat opsi lainnya dalam pengajuan kartu tani. Yakni berbarengan dengan pengajuan e-RDKK. Ia menegaskan, petani yang telah terdaftar di e-RDKK wajib membuat kartu tani. Sebab jika tidak, petani tidak bisa menebus pupuk bersubsidi.

“Jenis pupuk bersubsidi yang dapat diperoleh petani melalui kartu tani yakni urea, SP36, ZA, NPK, dan organik. Perbedaan harga pupuk bersubsidi dengan yang tidak bersubsidi hingga 3 sampai 4 kali lipat. Lumayan cukup mahal,” jelasnya.

Jika pengajuan e-RDKK dibatasi hingga 20 November 2020, lainlagi dengan pengajuan kartu tani yang dibatasi hingga Desember 2020.

“Pengajuan untuk kartu tani berlaku bagi petani yang memiliki lahan sawah tidak lebih dari 2 hektare,” imbuhnya.

Informasi yang diperoleh Sukabuminow.com, hingga 15 September 2020, baru terdistribusi 119.610 kartu tani dari total 155.207 kartu tani yang sudah tercetak.

“Penyalurannya oleh BPP masing-masing wilayah. In Syaa Allah akan selesai secepatnya,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close