AdvertorialBisnisKabupaten SukabumiPemerintahan

Tanpa Anggaran Operasional, Rutinitas DPESDM Kabupaten Sukabumi Tetap Normal

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) masih melanda. Namun, kegiatan pemerintahan Kabupaten Sukabumi tetap berjalan kendati sistem kerja dilakukan dari rumah atau Work From Home (WFH). Salah satunya Dinas Perindustrian Dan ESDM Kabupaten Sukabumi yang tetap menjalankan rutinitasnya.

Kepala Bidang Non Agro DPESDM, Ujang Zulkifli, mengatakan, rutinitas tetap dijalankan meski di tengah pandemi Covid-19. Namun, tidak lagi disupport anggaran yang telah digeser untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Kita masih berharap ada saluran dana kegiatan yang difasilitasi oleh pemerintah pusat atau provinsi. Itu juga kalau ada. Dalam kondisi seperti ini, semua belum ada kepastian,” tutur Ujang kepada Sukabuminow.com, Jumat (22/5/20).

Kendati sudah tidak ada lagi anggaran untuk kegiatan, namun Ujang menegaskan, rutinitas tetap dijalankan. Antara lain mengerjakan adminitrasi, sebab laporan untuk bpusat dan provinsi tetap dibutuhkan.

“Fungsi pemantauan dan pembinaan juga kita lakukan. Kami gunakan teknologi media sosial WhatsApp untuk berkomunikasi dengan para pelaku IKM. Informasinya kita kumpulkan dari situ. Dan jika ada masalah yang dirasa kita perlu meluncur ke lapangan, kita meluncur meski tidak ada anggaran opersional. Kita gunakan dana pribadi,” bebernya.

Ia berharap, wabah Covid-19 segera berakhir. Serta kondisi ekonomi kembali pulih, sehingga peningkatan kualitas produksi dan pembinaan IKM dapat dilakukan.

“Kami butuh dukungan pemerintah untuk lebih memajukan IKM berupa kebijakan dari sisi anggaran yang lebih besar. Bantuan- bantuan dari pusat dan provinsi harus disalurkan ke Kabupaten Sukabumi. Sebab IKM butuh peningkatan SDM, sarana prasarana, dan teknologi. Hal itu yang harus kita perkuat melalui peningkatan anggaran,” terangnya.

“Menurut saya, jika kita mau sejahtera dan makmur lebih cepat, industri harus diperkuat. Sebab industri memiliki kemampuan mengolah bahan baku atau bahan produksi yang sudah disiapakan oleh alam menjadi lebih bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close