Kabupaten SukabumiReligi

Hilal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Tim Ahli Hisab Ruhiyat Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi dan Badan Hisab Ruhiyat Kabupaten Sukabumi, menegaskan tidak melihat hilal sebagai penentuan 1 Syawal 1441 Hijriyah. Hal itu diungkapkan dalam Sidang Isbat di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Kampung Cibeas RT 01/03, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (22/5/20).

“Berdasarkan laporan hasil rukyatul hilal dari terbenam matahari pukul 17.45 Wib, tim ahli tidak melihat hilal. Kondisi hilal berada pada ketinggian minus 3 derajat 9 menit atau biasa disebut ijtimak bakda ghurub,” terang Kepala Seksie Pembinaan Syariah Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, Dede Sudanta.

Ia mengatakan, tim ahli yang telah disumpah oleh pengadilan Agama Cibadak Sukabumi, antara lain KH Muhammad Yahya dari Ponpes Darul Hikam Sukaraja, KH Asep Saprudin dari Palabuhanratu, KH Aceng Mahmud Ridwan dari Ponpes Darul Hakim Cikembar, dan KH Ismatullah Syarif dari Warungkiara.

“Dengan demikian, Ramadan 1441 Hijriyah akan digenapkan jadi 30 hari. Jadi 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada hari Ahad. Jadi, besok kita masih puasa,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close