Kabupaten SukabumiPeristiwa

Sungai Cigarewol Meluap, Air Rendam Hektaran Sawah

Sukabuminow.com || Puluhan hektare sawah di Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terendam banjir setelah hujan deras mengguyur, Kamis (11/1/24). Peristiwa yang terjadi pukul 03.30 sore itu menyebabkan potensi gagal panen.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Jampangtengah, Dadi Supardi mengatakan, luapan air berasal dari Sungai Cigarewol.

Baca Juga :

“Kurang lebih 50 hektare lahan sawah terendam kisaran 0,2 meter sampai 1 meter. Lahan sawah tersebut dalam kondisi rata-rata siap tanam dan baru selesai tanam,” terangnya, Jumat (12/1/24).

Sawah tersebut, Dedi, milik warga yang tersebar di Blok Sumur Gede, Blok Cikaler, Cigarewong, Ciherang, Pasir Puyuh, dan Blok Cibarengkok. Sebagian tanaman padi yang baru ditanam rusak, warga juga harus kembali menanam untuk mengganti padi tersebut.

“Kemungkinan ada sebagian gak terpengaruh hanya terendam biasa. Sebagian lagi memang ada yang harus dikerjakan ulang. Jadi kembali menanam lagi, jadi sebagian padi yang baru ditanam ada yang rusak.”

“Banjir sudah surut. Tapi sering terjadi saat hujan deras, terlebih persawahan itu berada di kawasan lembah,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button