AdvertorialPertanian

Singkong Manggu MHAS Kabupaten Sukabumi Kantongi Rekomendasi Pelepasan

Sukabuminow.com || Salah satu tanaman pangan unggulan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, selain padi adalah singkong. Tanaman yang juga disebut ubi kayu itu tumbuh cukup subur di daerah terluas kedua di Jawa-Bali setelah Kabupaten Banyuwangi ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sukabuminow.com, Kabupaten Sukabumi memiliki komoditas singkong unggulan, yakni varietas Manggu MHAS. Data yang ada menyebutkan, singkong tersebut telah didaftarkan ke Kementerian Pertanian RI untuk pelepasan beberapa tahun lalu.

“Tahun 2016 didaftarkan untuk pelepasan. Kemarin (Kamis) kami mengikuti sidang evaluasi dan penilaian varietas tanaman pangan untuk singkong ini di Bandung. Hasilnya memuaskan,” tutur Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap, Jumat (13/10/23).

Tuty mengatakan, pelepasan yang dimaksud adalah pengakuan pemerintah terhadap suatu varietas hasil pemuliaan di dalam negeri atau introduksi dari luar negeri, yang menyatakan bahwa varietas tersebut merupakan varietas unggul yang dapat diedarkan.

“Kami sampaikan bahwa komoditas yang diusulkan untuk dilepas adalah singkong varietas Manggu MHAS ini yang merupakan varietas unggul lokal daerah Kabupaten Sukabumi. Sidang kemarin merupakan tindak lanjut dari pendaftaran varietas singkong manggu MHAS ini,” terangnya.

“Tim penilai terdiri dari 15 anggota. Akhirnya kami mendapatkan rekomendasi pelepasan varietas singkong Manggu MHAS dengan beberapa catatan penyempurnaan pada proposal,” tandasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button