AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatanPemerintahan

Sinergi Satpol PP Kabupaten Sukabumi Cegah Penyebaran Covid-19

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Empat hari sudah, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah perbatasan. Satpol PP Kabupaten Sukabumi ikut andil dalam upaya tersebut dan bersinergi dengan dinas dan instansi lainnya.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sukabumi, Bambang DL, mengatakan, pihaknya membagi personel dalam dua tim yang ditempatkan di Terminal Benda, Kecamatan Cicurug sebagai akses masuk ke Kabupaten Sukabumi dari wilayah Bogor dan Jakarta, serta di Sukalarang sebagai akses masuk dari Cianjur dan wilayah lainnya.

“Kami bersinergi dengan tim lainnya dari dinas dan instansi Pemkab Sukabumi dalam melakukan upaya pencegahan dengan penyemprotan disinfektan. Kendaraan yang masuk wilayah Kabupaten Sukabumi wajib disemprot dulu dengan cairan disinfektan,” terang Bambang kepada Sukabuminow.com melalui WhatsApp, Sabtu (4/4/20).

Di Terminal Benda, Cicurug, pihaknya menempatkan 22 personel untuk kegiatan tersebut. Sedangkan di perbatasan Kabupaten Sukabumi – Cianjur, pihaknya menempatkan 12 personel.

“Di Sukalarang dipimpin langsung oleh Pak Kasat (Acep Saeffudin). Sementara di Cicurug, saya sendiri yang mengatur anggota,” tuturnya.

Seluruh kendaraan yang masuk dari perbatasan, lanjutnya, dihentikan dan disemprot dengan cairan disinfektan. Sedangkan para penumpang dipersilakan turun untuk diperiksa suhu tubuh oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi dan Puskesmas Cicurug. Serta diberikan imbauan serta edukasi perihal bahaya Covid-19.

“Hari ini, Pak Sekda (Iyos Somantri) melakukan monitoring di Cicurug. Beliau memberikan arahan dan imbauan kepada penumpang yang akan memasuki wilayah Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Anggota Satpol PP di dua lokasi tersebut, kata Bambang, ditugaskan bergantian dalam dua shif. Hal itu dilakukan untuk menghindari kelelahan. Mengingat tugas yang dihadapi dinilai cukup berat dan membutuhkan konsentrasi penuh.

“Kami masih akan terus bersinergi di dua perbatasan ini. Rencananya, besok menjadi hari terakhir penyemprotan disinfektan di dua lokasi tersebut. Anggota juga mengarahkan para penumpang untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya memberikan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan sabun dan air mengalir,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close