AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

‘Si Melehoy’, Durian Pesaing Si Gandaria Asal Cikakak Sukabumi

Reporter : Rado

Sukabuminow.com || Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi memiliki durian khas yang telah terkenal, yakni Si Gandaria. Nama tersebut bahkan menjadi primadona dan diidamkan banyak pecinta durian kendati harganya cukup mahal, mencapai Rp500 ribu per buah.

Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pertanian menggelar Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020. Dalam kegiatan tersebut terdapat kontes buah durian. Dan hasilnya, muncul varietas baru dari Cikakak dan dapat dikatakan sebagai penantang keunggulan Si Gandaria, yakni Si Melehoy.

“Iya, muncul nama durian baru dari Cikakak. Si Demang yang menjadi juara Festival Buah Kabupaten Sukabumi 2020, dan Si Melehoy yang punya kualitas rasa dan tekstur tak kalah dari Si Gandaria,” terang Kepala Seksie Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Deni Ruslan kepada Sukabuminow.com melalui sambungan telepon, Sabtu (8/2/20).

Deni menjelaskan, durian Si Melehoy berasal dari Desa Margalaksana dan telah dipersiapkan sebagai penantang utama Si Gandaria yang telah terkenal sebelumnya.

“Durian ini panennya terkahir dibandingkan yang lain. Kalau yang lain sudah habis dipanen, ini baru muncul terakhir. Makanya namanya Si Melehoy,” timpal Kepala Desa Margalaksana, Feri D Fahmi melalui sambungan telepon.

“Rasa Si Melehoy sangat manis, daging buah tidak becek, tidak lengket di lidah, bijinya juga kecil. Makanya saya sebut, Si Melehoy sebagai penantang Si Gandaria. Kualitas mendekati tapi harga lebih murah,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close