Kabupaten SukabumiPemilu 2024

Rekrutmen PTPS, Segini Kebutuhan Panwascam Palabuhanratu

Sukabuminow.com || Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai melakukan rekrutmen untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Pemilu 2024 Februari mendatang.

Rekrutmen dilakukan di Kantor Sekretaris Panwascam Palabuhanratu, Jl. Tipar Kampung Kebon Tarum, Palabuhanratu.

Baca Juga :

“Rekrutmen dimulai hari ini sampai nanti tanggal 6 Januari 2024” terang Ketua Panwascam Palabuhanratu, Diki Permana, Selasa (2/1/24).

Diki mengatakan, pihaknya akan merekrut 356 orang PTPS. Jumlah itu disesuaikan dengan jumlah TPS yang ada di sembilan desa dan satu kelurahan di Kecamatan Palabuhanratu.

“Jumlah TPS di Kecamatan Palabuhanratu itu 356. Jadi kami akan merekrut 356 PTPS,” terangnya.

Di tempat sama Koordinator Penanganan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa, Yelian Selisvia menambahkan, tahapan rekrutmen PTPS Panwascam Palabuhanratu di antaranya pendaftaran 2 hingga 6 Januari 2024. Namun jika kuota belum terpenuhi, maka pendaftaran akan diperpanjang hingga 8 Januari 2024 yang disekaliguskan dengan seleksi berkas.

“Pengumuman lolos berkas nanti tanggal 10 Januari. Kemudian ada proses akhir, yakni wawancara. Kemudian jika sudah selesai, pelantikan rencananya akan dilakukan tanggal 22 Januari,” jelasnya.

Para calon PTPS Panwascam Palabuhanratu wajib memenuhi sejumlah syarat untuk mendaftar. Di antaranya minimal berusia 21 tahun dengan minimal pendidikan akhir SMA/sederajat.

“Tidak terdaftar dalam kegiatan politik apapun termasuk tidak ada di dalam partai atau tim sukses calon. Nanti kita cek sipol-nya,” terangnya.

“Tugas mereka nanti adalah mengawasi kegiatan di TPS. Masa kerjanya satu bulan. Kami berharap proses rekrutmen ini lancar dan menghasilkan PTPS berkualitas demi pesta demokrasi yang berkualitas juga,” pungkasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button