Kabupaten Sukabumi

Pramuka Kabupaten Sukabumi Mantapkan Program Kerja

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com || Tragedi susur Sungai Sempor SMPN 1 Turi Sleman, Yogyakarta mengundang keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, M Solihin melalui Sekretaris, Deden Sumpena, mengatakan, turut prihatin dengan musibah yang terjadi pada Jumat (21/2/20) tersebut.

“Kami turut prihatin dengan kejadian itu. Musibah itu juga kami bawa dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab),” tutur Deden usai penutupan Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Tahun 2020 di Bravo, Cikidang, Sabtu (29/2/20).

PENUTUPAN Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi 2020. Foto : Sukabuminow

Deden, yang juga menjabat Camat Ciracap itu menjelaskan, Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi Tahun 2020 dalam rangka memantapkan progam kerja yang telah disusun. Berlangsung selama dua hari, yakni Jumat (28/2/20) dan Sabtu (29/2/20). Serta dibuka oleh Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami.

“Kami membahas agenda penyempurnaan program Pramuka tahun 2020 di Kwarcab Kabupaten Sukabumi. Kita bahas apa yang akan dilakukan pada tahun ini. Penekanannya lebih kepada peningkatan kualitas pembinaan peserta didik di 47 Kwartir Ranting (Kwarran),” jelasnya.

Agenda lainnya yakni membahas upaya meminimalisir terjadinya ekses yang timbul dalam kegiatan kepramukaan seperti kecelakaan, melalui sosialisasi manajemen risiko.

“Jangan sampai yang terjadi di SMPN 1 Turi itu terulang. Makanya kami bedah lagi terkait Petunjuk Penyelenggaraan yang terdapat dalam PP Kwarnas Nomor 227 tahun 2007 tentang Manajemen Risiko,” ujarnya.

“Yang terpenting dari semua itu, Rakercab Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi 2020 ini semakin meningkatkan kesolidan dan kebersamaan organisasi Pramuka di Kabupaten Sukabumi. Semoga Pramuka Kabupaten Sukabumi semakin maju di masa depan,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close