Kabupaten Sukabumi

Unik, Memancing Menggunakan Botol Air Mineral, Simak Caranya

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Ada penampakan aktivitas berbeda di Dermaga Palabuhanratu. Dimana terdapat orang-orang kreatif yang memancing ikan dengan cara berbeda.

Hanya bermodalkan botol air mineral, para pemancing dapat menghasilkan banyak ikan dibandingkan dengan menggunakan kail. Loh, kok bisa?.

Menurut Ayi (40), nelayan asal Bojongkopo, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, cara tersebut merupakan warisan nelayan Cilacap, Jawa Tengah.

IKAN yang didapat dengan cara memancing dengan menggunakan botol air mineral. Foto : Sukabuminow

“Sebetulnya di Palabuhanratu juga sudah dikenal. Tapi sangat jarang digunakan. Makanya saat saya melakukannya jadi terasa aneh. Padahal cara ini sudah lama,” terangnya saat memancing dengan cara tersebut kepada Sukabuminow.com, Sabtu (29/2/20).

Ayi menjelaskan, cara membuat alat pancing tradisional khas Cilacap tersebut sangat mudah. Hanya membutuhkan botol.air mineral ukuran 1,5 liter, gunting atau pisau, dan tali pancing. Sedangkan untuk umpan, dirinya biasa memakai roti, lumut, atau tepung terigu.

“Tinggal di lubangi saja botol air mineralnya supaya ikan bisa masuk. Kemudian taruh umpan di dalam botolnya. Ini untuk hiburan saja saat tidak melaut. Ikan yang didapat juga hanya Balanak. Paling besar juga seukuran ibu jari,” bebernya.

“Biasanya saya memancing dengan cara seperti itu pukul 09.00 Wib atau pukul 14.00 Wib. Itu waktu biasanya ikan cari makan,” imbuhnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close